Setelah Hapus Fitur SMS, Meta Tutup Messenger Lite

Facebook Messenger dan WhatsApp.
Sumber :
  • Medium

VIVA Tekno – Aplikasi Meta, Messenger Lite untuk Android akan ditutup pada bulan September. Aplikasi ini diluncurkan sebagai cara yang lebih mudah untuk berbicara dengan orang-orang di platform. Tapi pengguna tidak akan dapat menggunakannya setelah 18 September 2023.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Saat membuka aplikasi, pengguna akan melihat perintah yang mendorong mereka menuju aplikasi utama Messenger. Platform juga tidak tersedia untuk diunduh di Google Play jika belum pernah mengunduhnya sebelumnya.

Meta mengkonfirmasi penutupan tersebut, "Mulai 21 Agustus, orang yang menggunakan aplikasi Messenger Lite untuk Android akan diarahkan ke Messenger atau FB Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger,” kata juru bicara Meta.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Pengumuman penutupan Messenger Lite terjadi bersamaan dengan perubahan besar Messenger lainnya untuk Android, dikutip dari situs The Verge, Jumat, 25 Agustus 2023.

Awal bulan ini, Meta mengumumkan bahwa pengguna tidak lagi dapat menggunakan Messenger sebagai aplikasi SMS default di Android setelah 28 September.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Perubahan ini mengartikan bahwa pengguna yang mengandalkan aplikasi untuk mengirim dan menerima pesan teks harus mencari metode komunikasi baru.

Logo Meta.

Photo :
  • About Facebook

Aplikasi milik Mark Zuckerberg itu tidak menjelaskan langkah penghapusan tersebut, tetapi Messenger dikabarkan akan melakukan perombakan besar-besaran pada bulan September.

Short Messaging Service atau SMS adalah standar industri berusia puluhan tahun yang ditetapkan untuk komunikasi berbasis teks antara pager, ponsel, dan perangkat nirkabel lainnya. 

Pengamat industri dan pengguna Messenger yang berdedikasi berspekulasi bahwa kompatibilitas SMS aplikasi mungkin akan kembali lagi atau mungkin dijadikan satu ke WhatsApp, yang lebih banyak digunakan pada ponsel.

"Anda masih dapat mengirim dan menerima pesan SMS melalui jaringan seluler dan mengakses riwayat pesan SMS melalui aplikasi perpesanan default ponsel  yang baru," bunyi pemberitahuan  yang diposting ke Messenger Help Center.

Jika pengguna tidak memilih aplikasi perpesanan default baru, pesan SMS akan secara otomatis masuk ke aplikasi perpesanan default ponsel seperti aplikasi Pesan Android.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya