Hati-hati Ada Permen Karet Ganja

Ilustrasi permen karet.
Sumber :
  • Pixabay/giesje

VIVA Tekno – Mengonsumsi hanya dua permen karet ganja dapat membuat anak kecil berisiko terkena efek racun yang parah dan berkepanjangan. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Efek racun ini termasuk perlambatan detak jantung yang berbahaya, penurunan tekanan darah, kejang, tidak responsif, dan gagal napas, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Pediatrics, jurnal American Academy of Pediatrics (AAP).

Penelitian tersebut, yang dilakukan menggunakan catatan medis dari Children Hospital Colorado Network, bertujuan untuk mengetahui dengan tepat berapa dosis THC (tetrahydrocannabinol), bahan penginduksi tinggi dalam ganja, yang membuat anak-anak berisiko mengalami gejala-gejala yang memerlukan perhatian medis, khususnya yang bertahan lebih dari enam jam.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Ambang batas tersebut ternyata cukup rendah, 1,7 miligram THC per 2,2 pon (1 kilogram) berat badan, tanpa memandang usia atau jenis kelamin anak. Permen karet ganja pada umumnya mengandung 10 mg THC, yang berarti balita dengan berat 25 pon (11,3 kg) akan melebihi ambang batas tersebut setelah hanya makan dua permen karet.

“Dengan meluasnya legalisasi ganja, kita telah melihat peningkatan paparan ganja yang tidak disengaja pada anak-anak,” kata Lesley Pepin, peneliti toksikologi medis di Rocky Mountain Poison and Drug Safety di Denver. 

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Tren ini sangat mencolok pada anak-anak di bawah usia 6 tahun sejak tahun 2017. Pada anak kecil, paparan ini sebagian besar disebabkan oleh produk ganja yang dapat dimakan, seperti makanan yang dipanggang, coklat dan permen karet.

Ilustrasi ganja

Photo :
  • Pixabay

Tren ini tidak hanya terjadi di negara bagian AS, provinsi di Kanada yang mengizinkan penjualan makanan ringan yang mengandung THC juga mengalami peningkatan jumlah rawat inap anak karena keracunan ganja.

Anak-anak yang sakit ringan setelah mengonsumsi THC mungkin akan mengantuk, memiliki keseimbangan dan koordinasi yang buruk, atau muntah-muntah. 

Namun pada sebagian kecil kasus yang parah, THC dapat menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya, koma, depresi pernapasan, dan kejang. Dalam banyak kasus, dosis THC yang terpapar pada anak-anak tidak diketahui. 

Faktor-faktor ini menyulitkan untuk menentukan dosis apa yang diperkirakan akan menyebabkan hasil buruk pada kelompok usia tersebut, menurut situs Live Science, Kamis, 31 Agustus 2023.

Untuk mengetahui jumlahnya, Pepin dan rekan-rekannya meninjau catatan medis konsumsi ganja yang dapat dimakan pada anak-anak berusia 6 tahun ke bawah, yang tercatat antara Januari 2015 hingga Oktober 2022. 

Di empat rumah sakit anak dengan unit gawat darurat dan tiga pusat perawatan darurat, tim mengidentifikasi 80 kasus anak-anak yang makan makanan mengandung produk ganja dan dosis THC.

Ilustrasi anak asma

Photo :
  • Pixabay/ Victoria-regen

Usia rata-rata anak-anak yang terkena dampak adalah 2,9 tahun, dan dosis THC yang dikonsumsi berkisar antara 0,2 mg/kg berat badan hingga 69,1 mg/kg. 

Hampir 90 persen kasus melibatkan anak yang menemukan makanan jenis tersebut di rumah, dan dalam beberapa kasus, orang dewasa salah mengira makanan tersebut sebagai produk non-ganja lalu memberikannya kepada anak tersebut.

Delapan dari anak-anak tidak menunjukkan gejala apa pun, namun sisanya mulai menunjukkan gejala sekitar satu jam setelah konsumsi, dengan gejala yang paling umum adalah sedasi atau lesu. 

Tiga puluh empat anak tidak memerlukan perawatan medis, dan dari jumlah tersebut, sebagian besar telah mengonsumsi 2 mg/kg THC atau kurang.

"Berdasarkan temuan kami, konsumsi THC 10 mg kemungkinan tidak menyebabkan keracunan parah pada sebagian besar anak kecil. Namun dengan setiap tambahan 1 mg/kg THC, kemungkinan gejala parah atau berkepanjangan menjadi tiga kali lipat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya