WhatsApp akan Disusupi Iklan, Gosip atau Fakta?

WhatsApp.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Saat WhatsApp bergabung dengan Facebook pada tahun 2014, ada pertanyaan yang cukup mengkhawatirkan tentang apakah WhatsApp akan disusupi iklan, sama seperti platform lainnya yang ada di bawah naungan induk perusahaan, Facebook dan Instagram.

WhatsApp Ogah Tunduk Sama UU, Menantang Pemerintah

Hal ini mengingat betapa agresifnya Facebook dan Instagram dalam memonetisasi data pengguna, ada kekhawatiran iklan juga akan segera masuk ke WhatsApp. 

Bahkan ketika WhatsApp dan Facebook menyelesaikan kesepakatan, manajemen kedua perusahaan dengan tegas mengatakan bahwa WhatsApp tidak akan pernah menampilkan iklan dan data obrolan pengguna yang digunakan untuk pelacakan dan monetisasi. 

Selena Gomez Pilih Rehat dari Sosial Media, Ternyata Ini Alasannya

Kini sebuah laporan mengatakan hampir satu dekade setelah akuisisi, hal ini mungkin akan berubah, menurut situs Indian Today, Senin, 18 September 2023.

Financial Times mengutip diskusi tim WhatsApp dan Meta, mencatat bahwa telah ada pembicaraan untuk memonetisasi obrolan WhatsApp dengan menampilkan iklan di dalamnya.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

Mengingat sifat laporan yang eksplosif, di mana jika itu benar, berarti Facebook dan WhatsApp mengingkari janji yang mereka buat sebelumnya kepada pengguna. Tapi WhatsApp dengan cepat membantahnya. 

Will Cathcart, yang menjaga tim WhatsApp, men-tweet, "Cerita @FT ini salah. Kami tidak melakukan ini. Selain itu, sepertinya Anda salah mengeja nama Brian," tulisnya.

CEO WhatsApp, Will Cathcart.

Photo :
  • DNA India

Laporan berita sebelumnya mencatat bahwa tim di Meta sedang mendiskusikan kemungkinan menambahkan iklan ke layar obrolan WhatsApp untuk meningkatkan pendapatan. 

Namun belum ada keputusan jelas yang diambil karena karyawan Meta sedang berdebat apakah hal ini akan menimbulkan kekhawatiran dan berpotensi mengasingkan pengguna. 

Selain itu, laporan tersebut menyebutkan bahwa Meta juga mempertimbangkan untuk memperkenalkan biaya berlangganan untuk pengalaman WhatsApp bebas iklan, namun banyak orang dalam yang menentang gagasan itu 

Laporan mencatat jika integrasi iklan diterapkan, antarmuka WhatsApp akan menyerupai bagaimana iklan ditempatkan di antara percakapan di Facebook Messenger dan email di Gmail.

Meskipun iklan di obrolan WhatsApp sepertinya tidak mungkin terjadi saat ini, pengguna yang peduli privasi akan mengatakan bahwa WhatsApp telah mengambil langkah mundur dari janji yang dibuat pada tahun 2014. 

Beberapa tahun sebelumnya Facebook memutuskan untuk menghubungkan meta data, termasuk nomor telepon dari pengguna WhatsApp dengan pengguna Facebook. 

Meskipun hal ini mungkin tidak berdampak besar pada penayangan iklan di WhatsApp, Facebook berpotensi menggunakan data tersebut untuk membuat profil pengguna yang akan menayangkan iklan kepada mereka di Facebook dan Instagram.

Pada saat yang sama, WhatsApp telah memperkenalkan akun bisnis. Obrolan yang dilakukan melalui akun ini tidak memiliki perlindungan privasi serupa yang tersedia untuk obrolan pribadi pengguna individu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya