Ilmuwan Ungkap Kondisi Tubuh Ketika Sekarat

Ilustrasi kematian.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Ahli bedah memeriksa dada Aubrey Osteen yang berusia 80 tahun setelah dirinya mengalami serangan jantung pada Desember 2020, namun tiba-tiba sadar kembali.

“Saya berkata, 'Tunggu sebentar di sini sebelum kalian melangkah lebih jauh. Beri aku anestesi lagi' Yah, butuh beberapa saat bagi saya untuk menyadari bahwa saya tidak berada dalam dimensi yang sama dengan mereka, jadi mereka tetap tidak dapat mendengar saya," katanya.

Osteen kemudian menyaksikan tubuhnya sekarat, keluar melalui tulang rusuk dan melayang di atas meja operasi. Sementara tim bedah meretakkan dadanya, mengangkat jantungnya dan mulai memperbaiki kerusakannya. Tak lama kemudian, dia mendengar seseorang berkata ginjal.

“Kedua ginjal mati pada saat yang sama – saya tahu saya telah tiada. Dan saat itulah saya naik ke level berikutnya,” lanjutnya yang dilansir dari situs CNN, Jumat, 22 September 2023.

Saat sampai di sana, dia berada di hadirat Tuhan dengan cahaya bersinar dari belakang. Cahayanya lebih terang dari apa pun yang pernah dia temukan di Bumi, namun tidak menyilaukan.

“Dan ada malaikat termanis yang menghibur saya dan mengatakan kepada saya 'Tenang. Semuanya akan baik-baik saja,' dan saya harus kembali,” jelas Osteen, yang kini berusia 82 tahun.

“Sekarang saya tahu bahwa saya dikirim kembali untuk menceritakan pengalaman saya kepada orang lain,” ujarnya.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Ilustrasi kematian

Photo :
  • Vivanews/Andry Daud


Apa yang terjadi pada Osteen di musim dingin itu adalah apa yang oleh para ahli disebut sebagai pengalaman mendekati kematian. Hal ini dapat terjadi ketika dokter menghidupkan kembali seseorang setelah irama jantungnya datar dan pernapasannya berhenti.

Jutaan orang telah melaporkan pengalaman mendekati kematian sejak resusitasi jantung paru, yang lebih dikenal sebagai CPR, ditemukan pada tahun 1960, kata Dr. Sam Parnia, dokter perawatan intensif NYU Langone Health yang telah meneliti fenomena tersebut selama beberapa dekade.

Parnia adalah penulis senior studi baru yang dirancang untuk mengungkap aktivitas listrik di otak ketika jantung berhenti dan pernapasan berhenti.

"Banyak orang melaporkan pengalaman yang sama. Kesadaran mereka menjadi lebih tinggi dan lebih jelas, dan pemikiran mereka menjadi lebih tajam dan jernih ketika para dokter seperti saya mencoba untuk menghidupkan kembali dan mengira mereka sudah mati,” kata Parnia, seorang profesor di NYU Grossman School of Medicine di New York City.

Mereka merasakan sensasi terpisah dari tubuhnya dan dapat melihat serta mendengar dokter dan perawat. Mereka dapat melaporkan apa yang dilakukan dokter terhadap mereka dalam cara 360 derajat yang tidak dapat dijelaskan.

Selain itu, orang sering meninjau seluruh kehidupan mereka, mengingat pikiran, perasaan, dan peristiwa yang biasanya tidak dapat mereka lakukan, dan mulai mengevaluasi diri berdasarkan prinsip moralitas dan etika.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan
Bunga Zainal dan suaminya, Sukhdev Singh

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Bunga Zainal baru-baru ini menarik perhatian dengan membagikan foto-foto perjalanan keluarganya ke Punjab, India. Kunjungannya tersebut bertujuan untuk membawa anak-anak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024