Viral Kamar Kos Wanita yang Diyakini Mengidap Hoarding Disorder, Sampah dan Barang Bertumpuk

Kamar wanita yang diyakini mengidap hoarding disorder.
Sumber :
  • TikTok

VIVA Tekno – Hoarding disorder adalah gangguan mental di mana seseorang mengumpulkan barang-barang dalam jumlah yang berlebihan dan kesulitan untuk membuangnya, bahkan jika barang-barang tersebut tidak memiliki nilai nyata atau bahkan merugikan kehidupan mereka.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Orang dengan hoarding disorder seringkali merasa terikat emosional pada barang-barang tersebut dan kesulitan mengorganisir atau menjaga kebersihan rumah mereka.

Gangguan ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan kesejahteraan seseorang jika tidak diobati dan bahkan bisa sampai merugikan orang sekitar.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Seperti dalam video viral yang baru-baru ini terjadi, dibagikan oleh akun @martasiahaan98 yang memperlihatkan seorang wanita yang tinggal di kos-kosan, dan diyakini mengidap penyakit hoarding disorder.

Dalam video yang dibagikan, tampak air menggenang dari kamar kos menuju lorong. Ketika kamar sang wanita disorot, terlihat kamar yang sangat kotor dengan barang-barang dan pakaian menumpuk. Tak hanya itu, pakaian-pakaian kotor dan plastik yang tampak seperti sisa bungkus makanan juga terlihat bertumpuk.

Di dalam kamar mandi, terlihat banyak tumpukan baju kotor di keranjang yang menggunung. Air pun terlihat menggenang di kamar mandi tersebut. 

Lantai kamar dan kasur pun terlihat sangat kotor, seperti berdebu dan menghitam karena tak pernah dibersihkan.

Sang perekam video, yang diyakini adalah pemilik kos kaget dan bahkan tampak speechless tak tahu harus berkata apa. "Banjir terus koridor kost, diikutin aliran airnya, ternyata dari kamar si gadis ini," tulis keterangan di dalam video, seperti dilansir Jumat, 6 Oktober 2023.

"Ini kamu apa maksudnya (kamar) jadi kaya gini?" tanya pemilik kos kepada wanita itu. "Apa maksudnya kaya gini nih?" tanya pria itu lagi. Sang wanita terlihat menutupi wajahnya dan tidak menjawab pertanyaan. 

"Kamu sengaja mau merusak kos ini? Keluar kamu!" ujar sang pemilik kos, yang dijawab "Besok saya beresin bang," oleh wanita tersebut.

"Pantes kamu nggak pernah mau nunjukan kamar buka pintu," ujar sang pemilik kos di akhir video.

Kamar wanita yang diyakini mengidap hoarding disorder

Photo :
  • TikTok

Hal ini tentu menjadi perhatian netizen, tak sedikit yang merasa iba dengan sang wanita karena penyakit hoarding disorder dan kebersihan wanita itu. "Kasian sih sebenarnya karena ini penyakit mental, tapi ya sebagai pemilik rumah kos pasti kesal," tulis netizen di kolom komentar.

Namun, tak sedikit pula yang berkata bahwa wanita tersebut seharusnya bisa mengontrol diri. "Itu kan kosan orang, rumah orang, harusnya tau diri gak boleh kaya giru karena pasti pemilik kos rugi," tulis netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya