Kecerdasan Buatan Bikin Praktik Kriminalitas Jadi Lebih Canggih

Direktur Utama Secom Indonesia Teruo Inami.
Sumber :
  • Dok. Secom

VIVA Tekno – Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pintar membuat tantangan keamanan yang dihadapi sektor bisnis akan terus berubah.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Salah satu bentuk tantangan yang disebutkan dalam sebuah studi berjudul 'Artificial Intelligence and National Security' pada 2017 di Belfer Center Study, Amerika Serikat (AS).

Studi ini menyebutkan bahwa teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang semakin canggih dapat menyebabkan pemalsuan audio dan video terjadi dengan lebih cepat, mudah, dan murah di masa depan.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Pemalsuan ini diprediksi akan menyebabkan banyak data dan informasi diragukan kebenarannya. Pesatnya teknologi AI tentu akan berdampak langsung ke sektor keamanan.

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Photo :
  • Science HowStuffWorks
Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Disebutkan bahwa kecerdasan buatan bisa membuat industri keamanan melakukan transformasi berbagai layanannya dengan inovasi terkini yang melibatkan teknologi tersebut.

Kondisi ini tak hanya berlaku pada keamanan siber, tapi juga layanan dan produk keamanan secara keseluruhan," kata Direktur Utama Secom Indonesia Teruo Inami, melalui konferensi pers virtual, Kamis, 12 Oktober 2023.

Menurutnya, tantangan yang harus diperhatikan adalah menemukan cara yang efektif dalam menerapkan teknologi AI pada berbagai bentuk layanan dan produk keamanan agar dapat memberi solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah teknologi AI juga membuat praktik kriminalitas ikut berkembang dan menjadi lebih canggih, sehingga diperlukan antisipasi yang tepat dari penyedia layanan dan produk keamanan untuk mengatasinya.

Peretas atau hacker berhasil membobol data pribadi.

Photo :
  • BankInfoSecurity

"Kami ingin memastikan keselamatan dan perlindungan aset perusahaan dengan memberi solusi keamanan yang mengacu kepada standar tinggi dari Jepang untuk melindungi bisnis mereka dari berbagai ancaman dan potensi kejahatan," jelas Teruo.

Dengan mengusung konsep keamanan 'Man-Machine' yang inovatif, Secom Indonesia telah memahami kebutuhan unik pasar keamanan di Indonesia dengan menawarkan solusi keamanan menyeluruh dengan teknologi terkini, yang mencakup total security solutions.

Sebagai informasi, Secom sudah ada di Indonesia sejak 1994 yang dikenal sebagai penyedia layanan dan produk keamanan yang komprehensif, baik untuk level perorangan maupun bisnis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya