Solusi Digital Menjadi Peluang bagi UKM

Indibiz Finance.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Kecepatan dan ketepatan menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan adalah aspek penting dalam menjalankan berbagai usaha. Membangun komunikasi yang tepat adalah kunci keberlanjutan usaha.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Demikian yang dirasakan oleh BSI Maslahat sejak menggunakan solusi digital Omni Communication Assistant (OCA) dari Indibiz Finance milik Telkom Indonesia.

Semakin cepat adopsi digital dalam bisnis usaha, kecil dan menengah atau UKM, semakin tangguh dan banyak peluang usaha secara digital yang tercipta bagi mereka. Solusi digital yang dirasakan BSI Maslahat juga menjadi peluang bagi pelaku UKM di berbagai daerah di Indonesia.

Tumbuh 11,7 Persen, BCA Bukukan Laba Bersih Rp 12,9 Triliun Kuartal I-2024

"Untuk mewujudkan harapan UKM di Indonesia, kami menghadirkan Indibiz Finance sebagai ekosistem solusi digital dunia usaha yang meliputi berbagai kebutuhan segmen bisnis. Mulai dari keuangan, perhotelan, pemasaran hingga usaha pertokoan,” kata Vice President Enterprise Business Orchestration Telkom Indonesia, Iwan Rusdarmono, dalam konferensi pers virtual, Senin, 16 Oktober 2023.

Ilustrasi digital.

Photo :
  • Robert Walters China
Komitmen Dukung UKM Naik Kelas, Pertagas Borong Penghargaan Internasional Ini

Sementara itu, Marketing Communications Manager BSI Maslahat, Jumadi Kurniawan, mengaku sudah menggunakan tools CRM dari OCA Interaction sejak 2021.

Solusi digital dari Indibiz tersebut dirasakan mampu membantu proses sosialisasi dan komunikasi dengan nasabah yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Proses komunikasi dan sosialisasi terkait penyaluran dana atau program lain dengan donatur, stakeholder, dan masyarakat di kantor wilayah yang berada di Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Banjarmasin, dan Makassar menjadi lebih efektif dan real-time.

“Layanan OCA menjadi solusi kami dalam mensosialisasikan program kepada donatur, stakeholder, dan masyarakat. Tentunya dengan cepat, tepat, dan harga yang bersaing,” kata Jumadi.

Dengan CRM OCA Interaction, BSI Maslahat dimudahkan dengan fitur pesan yang terintegrasi dalam satu dashboard, sehingga setiap pesan yang masuk dari berbagai channel komunikasi dapat dilihat dan dibalas dengan cepat melalui template balas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Seluruh pesan yang masuk juga dapat ditandai berdasarkan prioritas dengan ticketing system, dengan fitur tersebut, komunikasi BSI Maslahat dengan nasabah jadi lebih lancar dan real-time.

Menariknya lagi, BSI Maslahat juga dapat dengan mudah menyusun strategi peningkatan pelayanan kepada nasabah, melalui fitur analitik yang tersedia dalam dashboard OCA Interaction.

Selain memudahkan proses komunikasi dengan nasabah, solusi digital dari Indibiz Finance juga mampu meningkatkan produktivitas karyawan dengan memanfaatkan tools CRM dari OCA Interaction.

“Kami berharap kerja sama ini akan terus berlanjut. Sebagaimana BSI Maslahat menjalankan 3 pilar program didik umat, simpati umat, dan mitra umat,” ungkapnya.

Gedung Telkom Indonesia.

Photo :
  • Dok. VIVA

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya