Anggur Punya Efek Menyehatkan Mata seperti Wortel, Kok Bisa?

Buah anggur.
Sumber :

VIVA Tekno – Sebuah studi baru menunjukkan bahwa buah anggur sama baiknya untuk mata kita seperti wortel, yang telah lama dikenal karena efeknya yang meningkatkan penglihatan.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Hanya beberapa genggam anggur sehari selama empat bulan terbukti meningkatkan penanda utama kesehatan mata. Rahasianya terletak pada kenyataan bahwa sebagian besar degenerasi mata disebabkan oleh stres oksidatif, dan anggur adalah buah yang kaya akan antioksidan.

Untuk alasan yang sama, anggur juga telah terbukti menurunkan kolesterol dengan cepat, dan penelitian kini menunjukkan bahwa anggur termasuk dalam kelompok elit buah-buahan super.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi mata.

Photo :
  • Blissoma
Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Dalam studi terbaru, tim dari National University of Singapore melibatkan 34 orang dewasa yang mengonsumsi satu setengah cangkir anggur sehari atau plasebo selama 16 minggu.

Pemakan anggur menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepadatan optik pigmen makula (MPOD), kapasitas antioksidan plasma, dan kandungan total fenolik dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Mereka yang tidak mengonsumsi anggur mengalami peningkatan signifikan pada produk akhir glikasi lanjut (AGE) berbahaya pada mata yang diukur pada kulit.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function menyebutkan faktor risiko utama penyakit mata termasuk stres oksidatif dan tingginya tingkat AGE.

Para peneliti menemukan AGEs dapat berkontribusi terhadap banyak penyakit mata dengan merusak komponen pembuluh darah retina, mengganggu fungsi seluler, dan menyebabkan stres oksidatif.

Anggur, yang merupakan sumber alami antioksidan dan polifenol lainnya dapat menurunkan stres oksidatif dan menghambat pembentukan AGEs, dengan kemungkinan efek menguntungkan pada retina, seperti peningkatan MPOD.

Manfaat buah anggur

Photo :
  • Pixabay/Unsplash

Rekan penulis studi, Dr Jung Eun Kim mengatakan: “Penelitian kami adalah yang pertama menunjukkan bahwa konsumsi anggur memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan mata manusia dan hal ini sangat menarik, terutama dengan meningkatnya populasi penuaan,” jelasnya, melansir Daily Health, Senin, 16 Oktober 2023.

“Anggur adalah buah yang mudah didapat dan menurut penelitian dapat memberikan dampak menguntungkan dalam jumlah normal hanya 1 ½ cangkir per hari. Asupan anggur secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mata pada orang dewasa yang lebih tua, khususnya dalam meningkatkan MPOD, yang dapat dijelaskan oleh peningkatan kapasitas antioksidan total plasma dan kandungan fenolik, serta penurunan regulasi AGEs,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya