Heboh Gunung Berapi Es Ditemukan di Lokasi Ini

Gunung Berapi Es di Planet Kerdil Pluto.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Pesawat ruang angkasa New Horizons milik NASA berhasil menemukan keberadaan gunung es di Pluto. Temuan ini merupakan hasil dari pengamatan dalam beberapa tahun terhadap planet kerdil tersebut.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Sebagai informasi, Pluto telah keluar dari daftar planet di sistem tata surya kita lantaran telah diidentifikasi sebagai planet kerdil dan bukan jenis planet yang mengorbit Matahari. Sejak itu, Pluto kerap terabaikan dalam perbincangan terkait astronomi.

Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Gunung Berapi Es di Pluto

Photo :
  • NASA

Dilansir dari World Atlas, Jumat, 24 November 2023, NASA mengambil foto permukaannya, ditemukan adanya pegunungan yang terbuat dari es air padat dengan lapisan salju metana.

Di Manakah Keberadaan Planet Sembilan?

Foto-foto tersebut juga menunjukkan dataran es nitrogen yang halus. Saat mempelajari foto-foto tersebut, para peneliti menemukan beberapa kubah gunung besar sebenarnya adalah gunung berapi.

Temuan ini pun mengubah perspektif para ilmuwan terhadap planet kerdil ini dengan membuka kerumitan geologisnya dan menghidupkan kembali gagasan bahwa mungkin ada kehidupan di alam semesta yang begitu luas.

x-jKMxKWkoo

Ilmuwan menggambarkan gunung es Pluto dalam dua gundukan es menggunung, yang dinamai Wright Mons dan Piccard Mons setinggi 3 mil (4,8 km) di atas permukaan dan lebar 90 mil (144 km).  Saking menakjubkannya, volume gunung es di Pluto ini sama dengan salah satu gunung berapi paling menakutkan di dunia, yakni Mauna Loa di Hawaii,

Namun, peneliti mengatakan bahwa gunung ini tidak melepaskan lava ke atmosfer seperti gunung berapi di Bumi. Sebaliknya, gunung es ini menghasilkan aliran air dingin yang menyerupai gletser. Selain itu, letusan gunung berapi Pluto juga dapat mengeluarkan gas metana dan nitrogen.

Meskipun berada di lingkungan bulan yang dingin, gunung es Pluto memiliki keistimewaan tersendiri. Di mana ini membentang di atas hamparan yang luas yang terdiri dari beberapa gunung berapi es dengan tekstur yang unik, menghiasi medan dengan pola naik dan turun yang menarik.

Gunung Berapi Es di Pluto

Photo :
  • NASA

Penemuan gunung berapi es juga sekaligus mengindikasikan bahwa Pluto mungkin memiliki sumber panas internal yang masih aktif dan memicu letusan nitrogen-metana ke permukaan planet.

Menurut ilmuwan, ini menjadi penemuan yang unik, karena ukuran Pluto yang kecil dan tak mengorbit ini seharusnya sudah kehilangan sebagian besar panas internalnya.

Namun, analisis terbaru menunjukkan bahwa gunung berapi di Pluto masih aktif, dan menunjukkan adanya aliran air di bawah permukaan. Terkait itu, ilmuwan tidak belum mengetahui apa yang menjadi sumber panas tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya