Belum Seminggu Dipecat, Sam Altman Disuruh Balik Kandang

CEO OpenAI Sam Altman.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Sam Altman kembali sebagai CEO OpenAI hanya beberapa hari setelah pemecatannya, mengakhiri diskusi hiruk pikuk tentang masa depan startup yang sedang booming tentang kecerdasan buatan (AI).

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Dilansir dari New York Times, Jumat, 24 November 2023, Pembuat ChatGPT ini juga meluncurkan dewan awal baru dengan mantan co-CEO Salesforce Bret Taylor sebagai ketua dan Larry Summers, mantan Menteri Keuangan AS, dan Adam D'Angelo sebagai direktur. D'Angelo adalah bagian dari dewan awal yang telah memecat Altman.

Menkominfo Pastikan Bos Microsoft Bertemu Jokowi pada 30 April

Sam Altman.

Photo :
  • Istimewa

Kembalinya Altman berpotensi mengantarkan era baru bagi perusahaan rintisan yang telah lama menyulap kekhawatiran di antara para stafnya tentang bahaya AI dan potensinya untuk dikomersialisasikan.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

"Saya tidak sabar untuk kembali ke OpenAI," kata Altman dalam sebuah postingan di platform media sosial X pada hari Selasa.

Dewan direksi sebelumnya hanya memberikan sedikit penjelasan mengenai pemecatan Altman pada hari Jumat, selain kurangnya kejujuran dan kebutuhannya untuk mempertahankan misi OpenAI untuk mengembangkan AI yang bermanfaat bagi umat manusia.

Para analis mengatakan bahwa perombakan ini akan menguntungkan Altman dan Microsoft (MSFT.O), yang telah menjanjikan miliaran dolar kepada perusahaan rintisan ini dan meluncurkan teknologinya kepada para pelanggannya di seluruh dunia.

"Masih ada pertanyaan besar tentang mengapa Altman dipecat dan mengapa Microsoft tidak diberi tahu tentang keputusan tersebut," kata Danni Hewson, kepala analisis keuangan AJ Bell.

"Yang jelas, Microsoft sekarang akan memainkan peran yang jauh lebih besar, kemitraan akan menjadi lebih kuat dan kedua perusahaan akan menjadi lebih terintegrasi."

CEO Microsoft, Satya Nadella, menyambut baik perubahan ini

"Kami yakin ini adalah langkah penting pertama menuju tata kelola yang lebih stabil, terinformasi dengan baik, dan efektif," ujarnya di X.

Saham Microsoft naik hampir 1% di perdagangan premarket AS.

Tidak segera jelas apakah direksi sebelumnya yang tidak memiliki ekuitas di OpenAI akan mempertahankan kursi mereka, atau apakah pendukung anak perusahaan yang memiliki laba terbatas - seperti pemilik 49% saham Microsoft - pada akhirnya akan memenangkan penunjukan dewan direksi.

Tidak seperti kebanyakan perusahaan rintisan di Silicon Valley, OpenAI diawasi oleh dewan induk nirlaba yang dirancang untuk memastikan keamanan AI diprioritaskan di samping pertumbuhan. Perusahaan ini membentuk unit laba terbatas pada tahun 2019 untuk mengumpulkan dana dan memberikan opsi saham kepada karyawannya.

"Kembalinya Altman mengkonsolidasikan pengaruhnya terhadap arah OpenAI, dan mungkin berarti OpenAI akan lebih berani dan fokus pada keuntungan, tetapi juga berpotensi lebih sedikit menghindari risiko," kata Kyle Rodda, analis di Capital.com.

Juru bicara perusahaan rintisan ini tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dewan direksi OpenAI sebelumnya terdiri dari Tasha McCauley, Helen Toner, dan kepala ilmuwan OpenAI, Ilya Sutskever, serta CEO Quora, D'Angelo, yang menjadi bagian dari dewan direksi yang baru.

NY Post juga melaporkan beberapa pemegang saham sedang menjajaki jalur hukum setelah gejolak tersebut mengancam masa depan OpenAI, yang baru-baru ini diperkirakan memiliki valuasi lebih dari $80 miliar. Langkah pada hari Selasa meyakinkan beberapa investor.

"Kami yakin ini adalah hasil terbaik untuk perusahaan," kata Thrive Capital, salah satu pendukung OpenAI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya