Ahli Beberkan 10 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Ilustrasi kanker paru.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Penelitian baru yang mengejutkan telah mengungkapkan 10 pilihan gaya hidup penting yang bisa menurunkan risiko kanker hingga 70 persen. Menyusui, menghindari suplemen tertentu dan makan tidak lebih dari tiga porsi daging merah per minggu adalah tiga dari 10 hal tersebut.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Yang juga termasuk dalam daftar adalah berolahraga dua setengah jam per minggu, menghindari minuman manis, menjaga berat badan yang sehat, dan membatasi makanan cepat saji.

Sayangnya bagi para pecinta minuman keras, berhenti mengonsumsi alkohol sepenuhnya merupakan langkah anti-kanker lainnya.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Pixabay

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis validitas 10 rekomendasi serupa sebelumnya yang ditetapkan oleh The World Cancer Research Fund (WCRF) dan American Institute for Cancer Research (AICR), melansir Daily Health, Selasa, 28 November 2023.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Para peneliti dari Universitas Newcastle di Inggris menguji panduan tersebut pada orang-orang dari Inggris, menggunakan data dari 94.778 orang dewasa dengan usia rata-rata 56 tahun. Mereka menggunakan data yang dilaporkan sendiri mengenai diet dan olahraga, serta indeks massa tubuh (BMI) partisipan dan pengukuran lingkar pinggang.

Setiap peserta dinilai berdasarkan kepatuhan mereka terhadap rekomendasi dari tujuh. Mereka juga menggunakan data pencatatan kanker untuk melacak diagnosis kanker selama masa studi delapan tahun. Mereka mengontrol usia, jenis kelamin, kekurangan sosial ekonomi, etnis, dan status merokok dalam analisis mereka.

Rata-rata, peserta mendapat skor 3,8 dari tujuh untuk kepatuhan terhadap rekomendasi. Sekitar 7.296 peserta (delapan persen) menderita kanker selama penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa kepatuhan yang lebih besar terhadap saran tersebut menyebabkan risiko kanker yang lebih rendah. Untuk setiap rekomendasi yang diikuti pasien, risiko kanker menurun sebesar tujuh persen.

Mereka juga menemukan bahwa setiap peningkatan satu poin dalam skor kepatuhan dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 10 persen, risiko kanker kolorektal sebesar 10 persen lebih rendah, risiko kanker ginjal sebesar 18 persen lebih rendah, dan risiko kanker esofagus sebesar 16 persen lebih rendah. , risiko kanker hati 22 persen lebih rendah, risiko kanker ovarium 24 persen lebih rendah, dan risiko kanker kandung empedu 30 persen lebih rendah.

Orang dengan skor kepatuhan 4,5 atau lebih memiliki risiko 16 persen lebih rendah terkena semua jenis kanker jika digabungkan, dibandingkan dengan mereka yang skor kepatuhannya 3,5 poin atau kurang.

Mungkin salah satu rekomendasi yang paling mengejutkan adalah menyusui.

Para peneliti berpendapat perlindungan tersebut mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama menyusui.

Ilustrasi kanker usus besar

Photo :
  • Eat This

Selama menyusui, menstruasi tidak teratur, dan ini menurunkan jumlah hormon seks estrogen yang terpapar pada tubuh sepanjang hidup.

Kelebihan estrogen telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Sementara itu, makanan cepat saji dikaitkan dengan kanker karena memakannya dalam jumlah banyak membuat Anda lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan. Berat badan berlebih dapat memicu sejumlah perubahan hormonal yang dapat menyebabkan tumbuhnya tumor.

Daging merah dan olahan mengandung senyawa seperti heme dan nitrat, yang bila dipecah di dalam tubuh, membentuk senyawa yang dapat merusak sel-sel lapisan usus, sehingga meningkatkan kemungkinan berkembangnya kanker.

Adapun alkohol: alkohol terurai menjadi bahan kimia yang disebut asetaldehida, yang dapat memicu kerusakan DNA yang terkait dengan sejumlah kanker.

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Juga tidak ada bukti bahwa mengonsumsi suplemen untuk pencegahan kanker memiliki manfaat apa pun, dan menurut WCRI, masyarakat sebaiknya mendapatkan nutrisi dari makanan dan minuman saja.

Ahli gizi kanker Nichole Andrews sebelumnya mengatakan: 'Jika Anda mengonsumsi lebih dari 200 persen nilai harian dari sejumlah suplemen yang tidak Anda perlukan, ini akan menjadi radikal bebas dan meningkatkan risiko kanker.'

Para peneliti menyoroti bahwa karena penelitian mereka bersifat observasional, mereka tidak mengetahui secara pasti bahwa rendahnya risiko kanker disebabkan oleh kepatuhan terhadap 10 rekomendasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya