Kamu Sekarang Bisa Pantau Chat Pribadi dan Grup WhatsApp dengan Mudah

WhatsApp.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA Tekno – WhatsApp mengumumkan kemampuan untuk menyematkan pesan di chat. Fitur tersebut kini diluncurkan kepada pengguna secara global. Dengan pesan yang disematkan, maka pengguna dapat dengan mudah menyoroti pesan penting dalam obrolan grup maupun pribadi.

Catat! Surat Tilang Kini Dikirim Polisi Lewat 5 Nomor WhatsApp Ini dan Bukan APK

Hal ini membantu menghemat waktu pengguna untuk menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah. Semua jenis pesan seperti teks, polling, gambar, emoji, serta lainnya dapat disematkan. Dan satu lagi. Semuanya terenkripsi ujung ke ujung (end to end encryption).

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menyematkan pesan adalah memperbarui aplikasi WhatsApp. Sebab, kalau belum diperbarui, menu pin pesan tidak akan muncul di WhatsApp pengguna. Nah, cara pin chat di WhatsApp sangat mudah. Langkah-langkahnya hampir mirip saat hendak menghapus pesan. Berikut tahapannya:

Sama-sama Pakai WhatsApp, Ini Cara Bedakan Surat Tilang Asli Polisi atau Penipuan

Fitur Obrolan Suara WhatsApp.

Photo :
  • Meta

- Buka WhatsApp seperti biasa.
- Masuk ke salah satu ruang obrolan, bisa grup atau chat pribadi.
- Tentukan pesan yang ingin kamu sematkan.
- Ketuk dan tahan pesan tersebut sampai muncul pilihan menu.
- Klik opsi 'Lainnya'.
- Pilih menu 'Sematkan'.
- Akan muncul pilihan durasi menyematkan chat, yakni 24 jam, 7 hari, dan 30 hari.

Catat, Surat Konfirmasi Tilang Kini Dikirim Lewat WA!

Setelah menerapkan opsi terakhir, kamu akan mendapati pesan yang disematkan muncul di bagian atas ruang obrolan dengan ikon pin di samping kiri. Ketika diklik, secara otomatis kamu akan diarahkan ke chat tersebut. Selain itu, bisa juga diarahkan ke pesan yang disematkan dengan klik lama pada pinned chat > buka pesan.

Asal tahu saja, pesan sematan tersebut tidak akan bertahan selamanya. Pesan tersebut akan disematkan sesuai durasi yang dipilih. Misalnya, 7 hari. Setelah durasi tersebut, pesan yang tersemat akan hilang kecuali pengguna memperbaruinya.

Lantas, bagaimana jika ingin menyematkan chat lain? Pengguna tinggal mengulangi lagi cara menyematkan pesan di WhatsApp pada chat baru. Selanjutnya, secara otomatis pesan lama yang disematkan akan hilang.

Fitur baru WhatsApp Senyapkan Penelepon untuk Orang Tak Dikenal.

Photo :
  • Whatsapp

Perlu dicatat juga bahwa setiap kali menyematkan pesan, maka lawan bicara, baik obrolan pribadi maupun grup, akan mengetahuinya. WhatsApp akan memberitahukan di ruang obrolan dengan keterangan "Anda menyematkan pesan".

Kalau sudah tidak lagi membutuhkan pesan yang disematkan bagaimana? Pengguna bisa unpin atau lepaskan sematan saja. Cara ini akan menghilangkan pesan yang disematkan dari bagian atas obrolan. Ini langkah-langkahnya:

- Buka ruang obrolan atau kolom chat WhatsApp dengan pesan disematkan yang ingin dilepas.
- Ketuk dan tahan hingga muncul menu di bawah.
- Pilih opsi 'Lepas Sematan'.

Setelah mengklik tombol terakhir, maka pesan akan secara otomatis hilang dari sematan. Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya