8 Fitur Baru WhatsApp yang Nongol di 2023

Ilustrasi pengguna WhatsApp.
Sumber :
  • Instagram/@maurovianzedc7

VIVA Tekno – WhatsApp telah memperkenalkan sejumlah fitur baru di sepanjang 2023 untuk meningkatkan kualitas layanannya kepada penggunanya. Apa saja fitur baru yang telah dirilis oleh WhatsApp pada tahun tersebut?

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

1. Foto Berkualitas Tinggi (HD)

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Fitur baru di WA

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Mengirim foto dengan resolusi tinggi melalui WhatsApp tidak lagi menjadi masalah bagi pengguna. Saat ini, tersedia fitur kirim foto berkualitas HD yang memungkinkan pengguna untuk mengirim foto tanpa kehilangan kualitas. Pengguna dapat memilih antara mode standar atau HD saat mengirim foto ke kontak lain.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

2. Status Suara

Selain dapat berbagi teks dan gambar, pengguna WhatsApp kini dapat mengunggah pesan suara pada status mereka. Fitur status suara ini akan tetap aktif selama 24 jam, mirip dengan unggahan story di Instagram.

Untuk mengunggah status suara, pengguna hanya perlu membuka tab Status, memilih ikon pensil, dan menekan serta menahan ikon mikrofon.

3. Edit Chat

Fitur Edit Pesan WhatsApp.

Photo :
  • WhatsApp

Fitur Edit Chat menjadi salah satu alat yang berguna untuk meningkatkan kualitas komunikasi. Pengguna dapat mengedit pesan yang telah dikirim ke kontak lain selama 15 menit setelah pengiriman.

Untuk menggunakan fitur ini, pilih pesan yang ingin di edit, tahan pesan tersebut, pilih opsi edit dari menu yang muncul, dan masukkan kata atau kalimat baru sebelum mengirim ulang pesan tersebut.

4. Keep In Chat

WhatsApp menambahkan fitur Keep in Chat untuk pengguna yang ingin menandai pesan dengan Disappearing Messages agar pesan tetap dapat dibaca meskipun sudah terhapus. Caranya cukup tekan pesan yang ingin ditandai dan klik ikon Bookmark.

5. WhatsApp di 2 Ponsel

WhatsApp merilis fitur mode Companion yang memungkinkan pengguna menggunakan satu nomor di dua ponsel berbeda. Fitur ini memudahkan pengguna dengan dua ponsel untuk mengakses WhatsApp hanya dengan satu akun atau nomor.

6. Senyapkan Panggilan Tak Dikenal

Fitur baru WhatsApp Senyapkan Penelepon untuk Orang Tak Dikenal.

Photo :
  • Whatsapp

Bagi pengguna yang tidak nyaman dengan panggilan dari nomor yang tidak dikenal, WhatsApp menyediakan fitur senyapkan panggilan tak dikenal. Pengguna dapat memblokir atau mensenyapkan panggilan dari nomor yang tidak terdaftar di kontak WhatsApp.

Gunakan langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur ini: buka menu Pengaturan, kemudian pilih Privasi, lanjutkan dengan memilih Panggilan, dan terakhir pilih Senyapkan Panggilan Tak Dikenal.

Dengan mengaktifkan fitur ini, ponsel pengguna tidak akan berdering atau bergetar saat menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Meskipun demikian, riwayat panggilan dari nomor yang tidak dikenal tersebut tetap dapat dilihat pada log panggilan.

7. Share Screen

Pengguna WhatsApp kini dapat memanfaatkan fitur Share Screen saat melakukan panggilan video untuk berbagi musik, gambar, dan video, mirip dengan fitur yang sudah ada di aplikasi lain seperti Zoom dan Google Meet.

8. WhatsApp Channels

Fitur baru di WA

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Fitur terbaru, WhatsApp Channels, memungkinkan pengguna mengikuti outlet berita, selebritas, klub sepak bola, serta organisasi dan komunitas dari berbagai bidang. Pengguna akan menerima unggahan atau informasi terkini dari Channels yang diikuti pada tab Updates. Caranya cukup buka tab Updates, cari akun yang ingin diikuti, dan tekan tombol follow atau ikuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya