Arkeolog Temukan Bagian Patung Terbesar dari Sosok Firaun

Firaun Raja Ramses II.
Sumber :
  • Istimewa

Kairo – Kementerian Pariwisata dan Kekayaan Sejarah Mesir mengumumkan pada Senin, 4 Maret 2024, bahwa bagian atas patung raksasa Raja Ramses II ditemukan dalam penggalian di sebelah selatan Kota Minya, Mesir, dalam upaya arkeologi bersama antara Mesir dan Amerika Serikat (AS).

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Dilansir dari VOA, Menurut Bassem Jihad, pemimpin tim Mesir yang terlibat dalam misi tersebut, batu kapur yang ditemukan itu memiliki tinggi sekitar 3,8 meter dan menggambarkan Ramses duduk dengan mahkota ganda dan penutup kepala yang dihiasi dengan seekor ular kobra kerajaan.

Dia mengatakan bahwa di bagian atas kolom belakang patung terdapat tulisan hieroglif yang mengagungkan raja, salah satu firaun paling berkuasa di Mesir kuno.

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Kepala patung Sphinx Ramses II.

Photo :
  • Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir

Firaun ketiga dari Dinasti Kesembilan Belas Mesir itu juga dikenal sebagai Ramses Agung. Ia memerintah dari 1279 hingga 1213 Sebelum Masehi.

Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

Ukuran patung tersebut jika digabungkan dengan bagian bawahnya yang digali puluhan tahun lalu akan mencapai sekitar tujuh meter.

Kota El Ashmunein, yang terletak di tepi barat Sungai Nil, dikenal dengan nama Khemnu pada zaman Mesir Kuno. Pada zaman Yunani-Romawi, kota tersebut dikenal dengan nama Hermopolis Magna yang merupakan ibu kota regional.

Mustafa Waziri, Kepala Dewan Purbakala Tertinggi Mesir, menyatakan bahwa penelitian tersebut berhasil mengonfirmasi kesamaan antara bagian atas patung tersebut dengan bagian bawah yang sebelumnya ditemukan oleh arkeolog Jerman Gunther Roeder pada 1930.

Rekonstruksi wajah Firaun Ramses II.

Photo :
  • Face Lab IJMU

Menurut Waziri, misi tersebut kini sedang melakukan pembersihan dan persiapan blok tersebut sebelum merekonstruksi model patung yang lengkap jika kedua bagian digabungkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya