5 Kunci Membentuk Anak Cerdas dan Sukses, Kata Ahli Harvard

Ilustrasi anak berkacamata.
Sumber :
  • MiYOSMART PICT

Jakarta – Membangun karakter anak yang cerdas dan sukses merupakan dambaan setiap orang tua. Tak heran, berbagai upaya dilakukan demi mewujudkannya.

Simak Tips Public Speaking ala Warren Buffett, Biar Gak Malu-Maluin!

Menurut pakar saraf dan psikologi dari Harvard University, Lisa Feldman Barrett, ada lima tips penting yang bisa diterapkan orang tua untuk membantu perkembangan otak anak.

Ide Liburan Seru Ajak Anak, Gak Perlu Traveling Jauh!

Ilustrasi anak menulis

Photo :
  • Thinkstock

1. Kenalkan Anak pada Lingkungan Sekitar

Terpopuler: Rizky Nazar Masih Simpan Foto Syifa Hadju, Tukul Arwana Menangis Dengar Isi Hati Anak

Paparkan anak pada interaksi dengan berbagai orang sejak usia dini. Hal ini membantu perkembangan otak mereka dalam belajar bahasa dan beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Perbanyak stimulasi visual dengan menunjukkan berbagai macam wajah kepada anak. Ini membantu mereka dalam membedakan dan mengingat variasi wajah.

2. Ajari Anak Beragam Kosakata

Berikan asupan kosakata yang kaya dan beragam kepada anak. Ini membangun landasan saraf yang kuat untuk perkembangan bahasa dan komunikasi mereka.

Ajarkan anak kata-kata yang berkaitan dengan emosi, seperti sedih, bahagia, dan frustrasi. Hal ini membantu mereka memahami dan mengelola emosinya dengan baik.

3. Beri Anak Penjelasan

Hindari memberikan instruksi singkat tanpa penjelasan. Bantu anak membangun konsep dengan memberikan penjelasan yang jelas dan logis.

Gunakan momen saat anak berbohong sebagai kesempatan untuk mendiskusikan alasan di balik kebohongannya. Ini melatih mereka berpikir kritis dan memahami konsekuensi dari tindakannya.

4. Ajak Anak Meniru Orang Tua

Ilustrasi anak belajar.

Photo :
  • Pixabay

Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan menunjukkan perilaku positif dalam keseharian. Anak-anak belajar banyak melalui meniru orang tua mereka.

Libatkan anak dalam aktivitas positif bersama orang tua, seperti membersihkan rumah atau berkebun. Ini menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kerjasama pada anak.

5. Jangan Paksakan Minat Anak

Berikan anak kebebasan untuk mencoba berbagai hal dan menemukan minatnya sendiri. Hindari memaksakan mereka untuk mengikuti keinginan orang tua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya