Transaksi E-Katalog Pemerintah Capai Rp2 Triliun

LKPP dan Axiqoe.com
Sumber :
  • Viva.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP mengungkapkan, transaksi pengadaan pemerintahan telah mencapai Rp2 triliun. Jumlah tersebut merupakan gabungan transaksi melalui sistem e-purchasing dan komoditas online shop berbasis E-Katalog. 

KPK Usut Kasus Pengadaan Barang dan Jasa di PT PLN, Negara Rugi Miliaran Rupiah

Ketua LKPP Agus Prabowo mengatakan sampai awal 2017, transaksi melalui sistem e-purchasing Rp1,4 triliun. Lalu komoditas online shop, seperti produk PC, laptop, printer dan lainnya Rp46,74 miliar. Masing-masing kategori, pada tahun kemarin transaksinya Rp50,79 triliun dan Rp3,32 triliun. 

"Jumlah produk yang tayang di E-Katalog sampai dengan 24 Januari 2017 sebanyak 73.836 item," ujarAgus saat paparannya ditemui di Raffles Hotel, Jakarta,  Kamis 26 Januari 2017.

OTT di Labuhanbatu Sumut, Ketua KPK: Soal Pengadaan Barang dan Jasa

Seperti diketahui, E-Katalog diinisiasi LKPP sejak 2013. Tujuan belanja barang dan jasa pemerintahan berbasis daring ini tak lain agar pemerintah lebih transparan, mudah, cepat dan akuntabilitas dalam pengadaan. 

Sejak 2013, E-Katalog memulai pengadaan daring dengan komoditas kendaraan dan obat-obatan. Kemudian berkembang komoditas dan penyedia dalam E-Katalog. Pada era belanja daring, LKPP ‘menyeret’ para pemain e-commerce yang menyediakan peralatan yang dibutuhkan pemerintahan, untuk bergabung ke E-Katalog. 

Kronologi OTT Gubernur Maluku Utara hingga Jadi Tersangka Korupsi

Sampai sekarang total ada delapan e-commerce yang terdaftar di E-Katalog, yaitu AXIQoe.com, Krisbow.com, Mbiz.com, Officestore.co.id, Bhinneka.com, Ayooklik.com, Anugerahpratama.com, dan Premiere.co.id.
 

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

KPK Cegah Tiga Orang di Kasus Dugaan Korupsi di PT PLN, Siapa Dia?

Komisi Pemberantasan Korupsi, mencegah 3 orang terkait dengan penyidikan baru dugaan kasus korupsi yang terjadi di PT PLN (Persero). Dugaan pada pengadaan barang dan jasa

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024