4 Trik Cari File Hilang dan Salah Tempat di Komputermu

Windows 10
Sumber :
  • www.pixabay.com/ArtificialOG

VIVA – Lupa nama file dan menaruh folder di komputer kadang membuat kamu merasa sial. Apalagi saat file yang hilang itu dibutuhkan dalam waktu mendesak. Kalau sudah begini, pastinya yang kamu andalkan daya ingat kamu. 

Desain Lenovo ThinkStation P8 Terinspirasi Aston Martin

Mengingat nama file yang sudah disimpan dan di folder mana sebelumnya menyimpan file yang dicari tersebut, bisa dibilang gampang-gampang susah.  

Sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan supaya kami tak panik dengan hilangnya file yang kamu cari tersebut. Pada sistem operasi Windows terdapat beberapa trik yang membantu kamu cepat menemukan file yang hilang tersebut. 

4 Rekomendasi Komputer Tanpa CPU untuk Pekerja Kantoran hingga Content Creator

Berikut trik mudah yang bisa dicoba dan jangan panik ya, seperti dikutip dari laman Gadgetsnow, Jumat 21 September 2018: 

File yang baru simpan

8 Alat untuk Melihat Hilal, Ada Tongkat

Trik atau langkah ini bisa dilakukan dalam kasus kamu menyimpan file Microsoft Word atau Excel tapi lupa ditaruh di folder mana file tersebut. 

Untuk cepat menemukan file yang dimaksud, sebaiknya kamu buka aplikasi dan daftar file terbaru yang disimpan. Biasanya file yang terbaru disimpan akan muncul pada aplikasi Microsoft Office. 

Kalau cara lain bisa, bisa buka 'Go to File' lalu ‘Open’, ‘Recent Documents’. 

Ketik nama file secara parsial

Kadang file yang sudah kamu simpan selama berminggu sampai berbulan lalu susah dicari, karena kamu tak ingat filenya. 

Nah cara yang bisa dilakukan untuk cepat menemukan file yang dimaksud, cobalah akses ke bagian 'Start in Windows' dengan mengetikkan huruf pertama file yang kamu cari, atau jika filenya seingat kamu menggunakan dua kata, pilih salah satu kata pada kotak pencarian tersebut. 

Ketik jenis extention

Kalau dua trik di atas belum menjadi solusi, kamu bisa menggunakan trik mengetik jenis extention file yang kamu cari. Misalnya file yang kamu cari dalam bentuk Microsoft Word, maka ketik saja extention dengan .doc atau .docx pada bar pencarian File Explorer. 

Extention file menyesuaikan dengan jenisnya. Jika file kamu dalam bentuk Excel maka ketiklah di File Explorer dengan extention .xls. Jika filenya dalam bentuk video atau audio, bisa ketik .mp4 atau .mp3. Setidaknya ini bisa cepat membantumu. 

Minta bantuan Cortana

Trik yang bisa dimanfaatkan yakni meminta bantuan asisten virtual Cortana pada laptop berbasis Windows 10. Klik ikon Cortana pada task bar, maka daftar aktivitas terbaru kami akan terlihat dalam 'Pick up where you left off'. 

File yang tersimpan ada di sini. Kalau itu belum juga menjadi solusi, klik saja 'Documents' di bawah 'Search for’ dan ketik dalam nama file.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya