Jangan Kaget, Oppo Bakal Rilis Smartphone Wireless Charging

Ilustrasi wireless charging
Sumber :
  • Instagram/@wirelesschargingworld

VIVA – Kalau kamu penggemar smartphone Oppo, siap-siap mendapatkan inovasi baru. Vendor asal China itu kemungkinan bakal memiliki smartphone dengan wireless charging

Hati-hati saat Mengecas iPhone 15 di Mobil

Oppo memungkinkan punya inovasi itu setelah bergabung dalam asosiasi Wireless Power Consortium (WPC). Diperkirakan di masa depan, akan ada ponsel Oppo yang memiliki wireless charging

Dilansir laman XDA Developers, Rabu 16 Januari 2019, WPC merupakan perkumpulan perusahaan untuk membuat, memelihara dan mempromosikan standar Qi wireless charging. Standar itu menjamin tiap perangkat yang kompatibel dengan standar pengisian nirkabel Qi. 

4 Common Causes Why Smartphone Wireless Charging in Car Doesn't Work

Interoperabilitas pengisian nirkabel merupakan kunci di balik adopsi penggunaan teknologi pengisian nirkabel karena bekerja untuk kepentingan konsumen dan produsen. 

Produsen ponsel bergabung dengan WPC dengan harapan bisa mengadopsi teknologi Qi wireless charging pada produk mereka. 

4 Penyebab Wireless Charging Smartphone di Mobil Tidak Berfungsi

Oppo baru-baru ini bergabung dengan konsorsium tersebut. Walaupun belum diketahui kapan perusahaan tersebut resmi bergabung di WPC. 

Nama besar lain yang bergabung dengan WPC adalah Apple. Produsen iPhone itu bergabung sejak Februari 2017. Apple resmi bergabung sejak beberapa bulan sebelum peluncuran iPhone X dan iPhone 8 yang mendukung Qi wireless charging pada September 2017. 

Xiaomi juga ikut bergabung dengan WPC pada September 2017. Xiaomi bergabung sebelum peluncuran Xiaomi Mi Mix 2S pada Maret 2018.

Seiring bergabungnya Oppo dengan WPC, belum ada perangkat keluaran Oppo yang mendukung wireless charging. Namun ini menjadi bukti akan ada produk dari Oppo yang akan menggunakan wireless charging di masa depan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya