Bongsornya Ukuran PlayStation 5

Playstation atau PS5.
Sumber :
  • The Verge

VIVA – PlayStation 5 akan menjadi konsol terbesar yang pernah ada di dunia. Produsen PS5, Sony, membeberkan ukuran kedua varian perangkat barunya itu, yakni Digital Edition dan Standard Edition.

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Mengutip situs Tech Radar, Jumat, 25 September 2020, PS5 Standard Edition memiliki dimensi sebesar 390 mm x 260 mm x 104 mm dengan bobot 4,5 kg. Ukuran PS5 tersebut tergolong cukup besar, meskipun dibandingkan dengan PS4 Pro yang merupakan varian terbesar dari PS4. PS4 Pro berukuran 327 x 295 x 55 mm dengan bobot 3,3 kg.

Baca: Sony Ungkap Harga PlayStation 5, Kepingin Buru-buru Gesek Kartu

Kemenkeu Lelang PS 5 hingga Jam Tangan Mewah Eks Gratifikasi

Sementara untuk PS5 Digital Edition berukuran  390 mm x 93 mm x 260 mm. Ukurannya serupa tapi sedikit lebih ramping. Hal ini disebabkan karena konsol versi digital tersebut tidak dibekali dengan laci (drive) cakram Blu-ray fisik.

Dengan ukuran bodi yang cukup besar, PS5 nampaknya memang dirancang untuk diletakkan dalam posisi berdiri (vertikal). Alhasil, pengguna tidak membutuhkan ruang berlebih untuk menaruh konsol ini.

Warga Jakarta Bisa 'Mencicipi' Game Spiderman 2 di Playstation 5

Kesan bongsor yang melekat pada PS5 semakin terlihat, terlebih ketika disandingkan dengan TV berukuran 30 inchi. Bahkan jika dibandingkan dengan Xbox Series X, ukuran PS5 terlihat lebih tinggi. Dengan begitu konsol dari Microsoft tersebut lebih tebal namun jika diposisikan secara vertikal, PS5 tampil lebih menjulang.

Sebagai informasi, PlayStation 5 sendiri berbentuk seperti menara tinggi dengan paduan warna hitam dan putih di sekeliling perangkat. Sementara itu, Sony telah mengumumkan harga untuk kedua model PS5. Digital Edition senilai US$400 atau Rp5,9 juta dan Standard Edition dijual sedikit lebih mahal yakni US$500 atau Rp7,4 juta.

Harga tersebut hampir sama seperti konsol milik Microsoft. Xbox Series S dibanderol US$300 (Rp4,4 juta) dan Xbox Seri X US$500 (Rp7,4 juta).

PS5 akan mulai debut pada 12 November 2020. Saat itu Sony baru akan merilis di beberapa negara saja seperti Amerika Serikat (AS), Jepang, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Sementara pada 19 November 2020, PS5 mulai dipasarkan di sisa negara dunia. Sony juga menyiapkan sejumlah perangkat untuk mendukung kinerja PlayStation 5. Mulai dari kamera, dock pengisi daya, serta headphone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya