Duel Seru 2 Ponsel China Kualitas Premium

Xiaomi vs Oppo.
Sumber :
  • TFIPOST

VIVA – Oppo Find X3 digadang-gadang sebagai pesaing sempurna untuk Xiaomi Mi 11. Dunia ponsel China premium itu menjadi andalan. VIVA Tekno membuat perbandingan spesifikasi yang akan memberi bayangan kelebihan dan kekurangan, baik Oppo Find X3 maupun Xiaomi Mi 11:

Ada Ponsel China Murah Rilis di Indonesia

Rancangan

Desain paling menakjubkan jatuh pada Oppo Find X3. Desain permukaan yang belum pernah ada sebelumnya itu sangat menarik dengan lekuk-lekuknya, terutama jika kita melihat modul kameranya. Sedangkan, Xiaomi Mi 11 hadir dalam varian kulit khusus yang mungkin menjadi pilihan bagi beberapa pengguna.

Vivo V27 Klaim Punya Kamera Setara Flagship

Berbeda dengan rivalnya, Oppo Find X3 memiliki ketahanan air dengan sertifikasi IP68, sementara Xiaomi Mi 11 tidak menawarkan sertifikasi terhadap air dan debu. Lebih lanjut, Oppo Find X3 sebenarnya lebih kompak berkat layarnya yang lebih kecil.

Tampilan

Ponsel China Ini Pendatang Baru di Pasar Indonesia, 'Otaknya' Bikin Penasaran

Dari spesifikasi, perbedaan keduanya tidak begitu jauh. Namun, Oppo Find X3 memiliki tampilan yang lebih unggul. Perangkat memiliki panel 10-bit dengan teknologi LTPO (kecepatan refresh adaptif dari 5Hz hingga 120Hz) yang memungkinkan konsumsi energi lebih rendah, sertifikasi HDR10 Plus, standard BT.2020, dan resolusi Quad HD Plus.

Layar milik Oppo Find X3 ini mempunyai tepi melengkung dan diagonal 6,7 inchi serta pembaca sidik jari dalam layar. Sementara Xiaomi Mi 11 memiliki panel 6,81 inchi yang lebih lebar sekaligus lebih rendah dalam hal kualitas gambar. Meski begitu, Xiaomi Mi 11 lebih kokoh karena dilindungi oleh Gorilla Glass Victus milik Corning.

Spesifikasi

Jika kita menginginkan perangkat keras atau hardware paling kuat, kamu harus memilih Xiaomi Mi 11. Ponsel pintar tersebut didukung chipset Snapdragon 888, prosesor terbaik yang dirilis oleh Qualcomm. Adapun Oppo Find X3 diperkuat Snapdragon 870 yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 865 Plus.

Chipset pada Oppo ini dipasangkan dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal atau ROM hingga 256GB. Sementara Xiaomi Mi 11 menjalankan Android 11 yang disesuaikan oleh MIUI 12, lawannya menjalankan ColorOS 11.2.

Baterai

Xiaomi Mi 11 memiliki daya baterai 4.600mAh serta menawarkan kecepatan pengisian nirkabel lebih cepat dibandingkan Oppo Find X3. Sedangkan, Oppo Find X3 lebih cepat dalam hal pengisian kabel dengan besaran daya 4.500mAh. Tapi keduanya sama-sama mendukung reverse wireless charging 10W.

Harga

Keduanya memiliki harga yang sama, US$720 atau Rp10 jutaan. Xiaomi Mi 11 sudah dibawa ke Indonesia, tapi tidak untuk Oppo Find X3.

Kamera

Oppo Find X3 membawa spesifikasi kamera yang lebih unggul ketimbang Xiaomi Mi 11. Dilengkapi dengan dua kamera utama Sony IMX766 dengan resolusi 50MP, salah satunya sensor ultrawide sporting omnidirectional autofocus, sebagaimana dilansir dari situs Gizmochina, Senin, 31 Juni 2021.

Hadir juga sensor telefoto 13MP dengan zoom optik 2x dan kamera makro 3MP dengan cincin LED yang mampu menawarkan pembesaran hingga 60x. Sayangnya, Xiaomi Mi 11 tidak membawa sensor telefoto hanya memiliki kamera utama 108MP dengan perekaman video 8K dan OIS, sensor ultrawide 13MP dan kamera makro 5MP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya