Jelang ASO, Xiaomi Akui Minat Pasar TV Digital Meningkat

Xiaomi TV P1E 65 inchi.
Xiaomi TV P1E 65 inchi.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Pabrikan Xiaomi tengah gencar dalam meluncurkan televisi pintar dengan beragam ukuran. Momen ini bertepatan dengan segera berakhirnya siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) pada November mendatang.

"Sebenarnya kalau dibilang karena regulasi, enggak juga. Kita lebih fokus ke arah pasar TV yang menjadi salah satu strategi kita sejak awal," ujar Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel Martin di Jakarta, Jumat, 8 Juni 2022.

Minat pasar terhadap televisi digital dikatakan meningkat karena perusahaan asal China itu banyak menerima pertanyaan soal TV digital di media sosial seiring dengan masifnya edukasi pemerintah untuk masyarakat melakukan transmigrasi siaran digital.

"Kita memiliki misi menyediakan teknologi untuk semua orang. Xiaomi Indonesia membawa beragam seri TV agar bisa menjawab kebutuhan konsumen," imbuhnya.

Terhitung sejak Mei, Xiaomi telah merilis tiga seri televisi yaitu Xiaomi TV A2 series, Xiaomi TV P1E 65 inchi dan Xiaomi TV Q1E 55 inchi. Ini menjadi wujud dari komitmen perusahaan untuk semakin serius menggarap pasar produk ekosistem, termasuk smart TV.

Xiaomi TV A2 Series tersedia dalam dua ukuran mulai dari 43 inchi UHD (4K) dan 55 inchi UHD (4K). Seri ini menghadirkan konektivitas AIoT yang efisien, spesifikasi audio dan visual yang menawan, dan akses bawaan ke semua konten terbaru dari seluruh dunia.

Xiaomi TV A2 43 inchi UHD (4K)

Xiaomi TV A2 43 inchi UHD (4K)

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Perangkat dibekali bingkai logam unibody yang ramping dan didukung oleh single stand serta mempunyai desain bezel-less. Untuk ukuran terkecil dibanderol Rp4 juta dan Rp6 juta untuk ukuran yang lebih besar. 

Sedangkan Xiaomi TV P1E 65 inchi didukung layar 4K resolusi 3840x2160 dengan teknologi MEMC 60Hz. Visualnya didukung dengan tampilan DCI-P3 78 persen color gamut dan 1,07 miliar warna dengan high dynamic range HDR10, HLG dan Dolby Vision.

Perangkat dilengkapi remote control Bluetooth 360 derajat yang juga berfungsi sebagai hub kontrol rumah pintar. Untuk harganya sendiri dibanderol Rp9,5 juta. 

Seri Xiaomi TV Q1E 55 inchi menawarkan layar berkualitas 4K Quantum Dot-based LED (QLED) dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai 97 persen serta spektrum warna NTSC min 100 persen. 

Ini juga memiliki dynamic range yang didukung Dolby Vision dan HDR10+ serta teknologi MEMC hingga 60Hz yang akan membuat perpindahan dan pergerakan gambar menjadi sangat halus. Harganya sendiri dibanderol Rp8,5 juta.