Kabar Gembira, Nelayan Bisa Akses Aplikasi HP di Tengah Laut

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Kabar gembira untuk nelayan. Sebab, mulai sekarang mereka bisa membuka aplikasi smartphone/HP atau ponsel pintar di tengah laut. Hal ini berkat kerja sama antara Telkomsel dengan ZTE Corporation yang meluncurkan solusi MarineMobile untuk nelayan.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Dengan menggunakan jaringan Telkomsel, maka aplikasi HP ini bisa diakses di tengah laut untuk mendukung aktivitas penangkapan ikan.

Beberapa fitur yang disediakan oleh MarineMobile adalah prakiraan cuaca, penentuan lokasi penangkapan ikan terbaik, pelacakan GPS hingga akses langsung ke pembeli di pasar.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Fitur-fitur tersebut membantu nelayan melaut dengan lebih efektif dan presisi sehingga memangkas biaya dan meningkatkan keuntungan.

Kini, nelayan dapat mengakses MarineMobile untuk mengakses aplikasi pihak ketiga, meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional, serta mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan dengan kegiatan penangkapan ikan yang lebih presisi.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho.

Photo :
Nah, supaya nelayan bisa terus menggunakan aplikasi MarineMobile, maka Telkomsel dan ZTE meningkatkan kualitas dan memperluas cakupan jaringan pita lebar di Provinsi Gorontalo.

Perluasan memanfaatkan perangkat radio 5G ZTE dan teknologi Antena Aktif membuat jaringan 2G Telkomsel di laut terbuka bisa mencapai 72 kilometer, jaringan 4G/LTE hingga 69 kilometer, dan 60 kilometer untuk jaringan 5G.

"Kolaborasi ini merupakan upaya bersama merealisasikan potensi kemaritiman nasional tersebut melalui implementasi teknologi 5G yang inovatif," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, Senin, 13 November 2023.

Aplikasi MarineMobile mengintegrasikan teknologi massive MIMO dan fitur cakupan Ultra5G dengan perangkat ZTE yang diberi nama i5GC. Perangkat ZTE diklaim memberikan solusi backhaul jaringan yang fleksibel dengan latensi sinyal rendah dan kapasitas hingga 250 Mbps.

Perusahaan teknologi China ZTE.

Photo :
  • South China Morning Post

Perusahaan teknologi China ZTE.

Photo :
Sementara itu, Direktur Utama ZTE Indonesia Richard Liang mengatakan MarineMObile menjadi standar baru di antara opsi yang sudah ada. Solusi ini membantu para nelayan untuk melakukan komunikasi tanpa hambatan, bahkan pada lingkungan laut yang paling menantang sekalipun.

"Kami menyadari bahwa peran teknologi tidak hanya terbatas pada konektivitas, namun juga mencakup aspek perlindungan dan peningkatan efisiensi secara menyeluruh. Solusi MarineMobile untuk memberdayakan nelayan dalam membuat keputusan yang tepat, menyederhanakan tugas, dan mengoptimalkan produktivitas," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya