Robot Kaki Empat Buatan China Lebih Gagah, Sanggup Pikul Beban 40 Kg

Robot B2 ciptaan Unitree.
Sumber :
  • New Atlas

VIVA Tekno – Meskipun Boston Dynamics mungkin sebagai pelopor robot anjing berkaki empat, namun perusahaan teknologi asal China, Unitree, selangkah lebih baik dalam menciptakan ‘makhluk jadi-jadian’ ini.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Robot industri terbarunya, B2, menawarkan beberapa peningkatan besar dibandingkan pendahulunya, B1, yang masih tersedia. Itu karena B2 dirancang untuk aplikasi seperti otomasi industri, inspeksi, penyelamatan darurat dan patroli keamanan, serta pendidikan dan penelitian robotika.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Robot Berkaki Empat Unitree B2

Photo :
  • YouTube Unitree Robotics

Robot ini menggunakan kombinasi dua kamera optik HD, dua kamera penginderaan kedalaman, dan modul LiDAR untuk mendeteksi sekelilingnya, sehingga memungkinkannya berjalan secara mandiri melintasi medan yang terjal dan tidak rata.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Meskipun demikian, dengan kecepatan lari 6 meter (19,7 kaki) per detik, B2 jauh lebih cepat dibandingkan B1. Faktanya, Unitree mengklaim bahwa ini adalah "robot berkaki empat kelas industri tercepat yang diketahui di pasar".

Bot juga dapat melompati jarak horizontal 1,6 m (5,2 kaki), dan melangkahi rintangan setinggi 40 cm (15,7 inci). Selain itu, B1 dapat membawa beban hingga 20 kg (44 lb) saat berjalan, sedangkan B2 mampu membawa beban hingga 40 kg (88 lb), mampu menopang beban hingga 120 kg (265 lb) saat berdiri diam.

Terlebih lagi, meskipun B1 dapat berjalan tanpa muatan selama kurang lebih dua jam, B2 dapat berjalan tanpa muatan selama lima jam dengan sekali pengisian baterai litium 45-Ah/2.250-Wh yang dapat ditukar. Meski membawa beban seberat 20 kg, kabarnya masih bisa digunakan untuk berjalan kaki lebih dari empat jam.

Robot Berkaki Empat Unitree B2

Photo :
  • YouTube Unitree Robotics

Terakhir, aktuator sambungan kaki B2 menghasilkan torsi 170% lebih besar (360 Nm/266 lb ft) dibandingkan B1. Unitree mengatakan peningkatan ini memberi robot fleksibilitas dan stabilitas yang lebih besar untuk operasi industri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya