Alibaba Ganti Bos E-Commerce Pesaing Tokopedia dan Bukalapak

Pekerja menyortir barang pesanan konsumen saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 di Warehouse Lazada, Depok, Jawa Barat, Rabu, 12 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Raksasa e-commerce China, Alibaba, merombak tatanan organisasi Lazada. E-commerce pesaing Tokopedia dan Bukapalak di Indonesia ini ditinggal oleh Lucy Peng, yang merupakan Co-founder Alibaba, yang mengundurkan diri. Posisi tersebut kemudian diisi Presiden Eksekutif Lazada, Pierre Poignant.

DJKI Gandeng Tokopedia Gelar Pelatihan Digital Marketing untuk MPIG Kopi Sukapura Jawa Barat

Mengutip situs TechCrunch, Kamis, 13 Desember 2018, saat ini Alibaba pemegang saham mayoritas Lazada, di mana sejak April 2016 resmi membeli 51 persen Lazada senilai US$1 miliar atau Rp14,26 triliun dari Rocket Internet.

Kemudian, e-commerce milik Jack Ma ini menyuntikkan dananya US$1 miliar pada tahun lalu untuk meningkatkan ekuitasnya menjadi 83 persen. Awal tahun ini, Alibaba kembali menambah sahamnya menjadi di atas 90 persen dengan suntikan modal sebesar US$2 miliar atau Rp28,52 triliun.

Bingung Mau Beli Velg Motor Dimana? Pastikan Anda Membeli Velg Motor Terbaik Hanya di Tokopedia

Lazada beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia, tetapi hanya ada sedikit indikator tentang bagaimana kinerja bisnis mereka berjalan.

Keputusan Lazada merombak tim eksekutif baru di banyak pasar lokal, tetapi, menurut sumber internal mereka, tidak jelas apakah Peng telah diingatkan soal rencana ini, atau hal-hal tidak yang sejalan dengan rencana bisnis perusahaan.

Solusi Stylish untuk Mempercantik Rumah, Ini Jenis Meja yang Bisa Menginspirasi

Pergantian pucuk pimpinan di Lazada ini menyusul investasi kedua Alibaba di Tokopedia, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, Rabu kemarin, 12 Desember, saat gelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Kepala Eksekutif Tokopedia William Tanuwijaya mengaku, antara perusahaannya dengan Lazada memiliki perbedaan.

“Kami melihat Lazada memiliki model bisnis yang berbeda dengan kami. Lazada adalah hibrida dari model ritel dan pasar, sedangkan Tokopedia adalah pasar murni. Lazada adalah pemain regional, dan kami adalah pemain lokal (Indonesia)," ungkap William. (ann)

Ilustrasi memasak.

Cuti Bersama Waisak? Simak 5 Ide Kegiatan Seru Hemat Biaya di Long Weekend!

Waisak yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2024, merupakan hari besar bagi umat Buddha di Indonesia dan juga menjadi libur nasional.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024