7 dari 10 Ojol Gojek Alami Peningkatan Pendapatan

Ilustrasi mitra driver Gojek.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Sebanyak 7 dari 10 mitra driver Gojek mengalami peningkatan pendapatan yang lebih baik sejak bermitra dengan Gojek. Hal ini ditopang dengan fleksibilitas waktu yang ditawarkan, memberikan peluang yang lebih besar terhadap peningkatan pendapatan dan kualitas hidup.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Temuan tersebut terungkap berdarkan riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang berkolaborasi bersama Gojek.

Wakil Kepala Bidang Penelitian LD FEB UI, Paksi C.K. Walandouw, menjelaskan bahwa mereka mencoba untuk terus melihat bagaimana dampak sosial dan ekonomi Gojek terhadap kondisi mitra driver dan merchant. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

"Temuan menarik penelitian tahun ini 
yakni mitra Gojek mengalami peningkatan pendapatan yang lebih baik dan peningkatan ini berlaku bagi setiap lapisan pendapatan," ujarnya di Jakarta, Kamis, 3 Agustus 2023.

Hal ini menjadi signifikan mengingat mitra Gojek adalah kelompok masyarakat produktif yang masih memiliki keterbatasan akses ke sektor formal, apalagi di tengah berbagai tantangan ekonomi. 

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Studi juga menunjukan konsistensi dampak dari platform teknologi seperti Gojek yang terus menjadi pilihan dalam meningkatkan peluang ekonominya, terutama pada peningkatan pendapatan jika dibandingkan sebelum menjadi mitra.

Logo Gojek.

Photo :
  • vstory

"Lanskap ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, termasuk mitra Gojek dalam beberapa tahun terakhir tidaklah mudah. Hal ini terlihat dari mayoritas mitra yang memilih bergabung dikarenakan PHK atau ingin mencari pendapatan tambahan," lanjutnya.

Tidak hanya dalam memberikan akses ke pendapatan, mayoritas mitra juga merasakan dampak ekosistem Gojek di dalam memfasilitasi akses yang lebih luas terhadap kualitas pendidikan dan tempat 
tinggal yang lebih baik. 

Hal ini tercermin dari 90 persen ojek online yang yakin mampu menghidupi keluarga dengan layak setelah bermitra dengan Gojek. Bahkan, sebagian besar mitra Gojek yakin kemitraan akan membantu mereka untuk menyekolahkan anaknya hingga perguruan tinggi. 
 
“Setelah ditelusuri lebih lanjut, penelitian mengungkapkan skema kemitraan dengan fleksibilitas waktu dan peluang pendapatan, terus menjadi daya tarik bagi mitra Gojek baik sebelum maupun setelah 
pandemi," tambahnya.

Hampir 2 dari 3 mitra Gojek menilai pekerjaan yang fleksibel masih menjadi prioritas mereka di dalam bekerja, sehingga bermitra dengan Gojek masih menjadi rencana jangka menengah untuk sebagian besar mitra dalam menghidupi keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya