UMKM Lokal Bangkit dan Sukses Lewat Teknologi Digital

Ilustrasi UMKM ketika memulai usaha.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, 10 November 2023 – Di era teknologi saat ini, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah lokal yang bangkit dan sukses berkat pemanfaatan teknologi digital. Salah satu platform yang banyak membantu UMKM lokal adalah Shopee.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Beberapa contoh pemilik UMKM lokal yang sukses di Shopee adalah Herman Effendy, Dedi, serta Novian dan Ega. Herman Effendy adalah pengusaha stiker online yang sukses dari Jakarta.

Dedi adalah pengusaha tas pria sukses dari Bandung. Novian dan Ega adalah pengusaha fesyen sukses dari Bandar Lampung yang berhasil menembus pasar mancanegara.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Ketiga pelaku UMKM lokal tersebut memanfaatkan berbagai fitur dan program yang disediakan oleh Shopee, seperti kemudahan penarikan dana cepat dan Program Ekspor Shopee.

Shopee.

Photo :
  • Antara
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Berkat platform ecommerce tersebut, mereka berhasil mengembangkan bisnisnya dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Seperti pengakuan Hermanyang merantau ke Jakarta dan membantu rekannya berjualan stiker keliling
di sekitar wilayah Jakarta Timur.

Karena sepi, ia kemudian memutuskan untuk memulai usaha online di Shopee yang diberi nama Farrel Sticker. Dari seorang pedagang kaki lima, saat ini Herman sukses memberdayakan 9 orang karyawan.

“Dari yang tadinya 10 paling banyak 20 paket per hari, pesanan saya langsung melonjak
sampai 50 paket per harinya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Novian dan Ega, pemilik merek lokal Otsky yang sudah berhasil ekspor hingga Malaysia dan Singapura. Pada awal tahun 2020, toko mereka harus tutup karena pandemi Covid-19.

“Akhirnya, saya lihat-lihat referensi di internet dan kebetulan juga lihat berita beberapa brand lokal yang sukses di Shopee. Dari situ saya mulai dengan 2 karyawan, sambil belajar buat desain, belajar iklan, belajar foto,” tutur mereka.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengapresiasi semangat juang UMKM lokal yang mampu mandiri dan menjadi pahlawan bagi sesama.

UMKM lokal

Photo :
  • Dok: Shopee

"Shopee senang dapat ambil bagian untuk mengembangkan ekosistem bisnis digital di tanah air, menjadi sarana bagi para pahlawan UMKM lokal untuk dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif ke masyarakat dan bangsa,” ungkapnya, dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya