Tren Investasi Digital di Indonesia Semakin Meningkat

Ilustrasi investasi.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, 14 Desember 2023 - Tren investasi lewat jalur dgital di Indonesia semakin meningkat, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. Hal ini didukung oleh berbagai faktor, seperti kesadaran akan pentingnya berinvestasi untuk masa depan, kemudahan akses informasi dan teknologi, serta banyaknya pilihan instrumen investasi yang tersedia.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Salah satu faktor yang turut mendorong tren investasi di Indonesia adalah kehadiran platform investasi digital, yang menyediakan layanan investasi secara daring, mulai dari pembukaan rekening, pembelian produk investasi, hingga pengelolaan portofolio.

Platform investasi digital menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan dengan investasi konvensional, antara lain dapat diakses kapan saja dan di mana saja, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, serta menawarkan biaya yang terjangkau, sehingga investor dapat berinvestasi dengan modal yang minim.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Salah satu platform investasi digital yang banyak penggunanya di Indonesia adalah Bibit.id, yang menawarkan berbagai produk investasi, mulai dari reksa dana, saham, obligasi, hingga emas.

Ilustrasi smartphone

Photo :
27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Startup yang bergerak dalam bidang financial technology atau fintech itu juga memiliki fitur-fitur yang memudahkan investor, seperti fitur rekomendasi produk investasi, fitur simulasi investasi, dan fitur pengelolaan portofolio.

Baru-baru ini Bibit.id berhasil menyabet empat penghargaan bergengsi dari Kementerian Keuangan, atas kontribusinya dalam mempromosikan Surat Utang Negara dan Surat Berharga Syariah Negara ritel.

Sejak resmi ditunjuk sebagai Midis SBN di awal 2022, mereka telah sembilan kali mencatatkan diri sebagai Midis kategori fintech yang membukukan penjualan terbanyak pada berbagai seri SBN, termasuk ORI, SBR, ST, dan SR.

"Penghargaan ini tentunya sangat menggembirakan untuk kami. Kami akan terus melanjutkan upaya-upaya kami agar semakin banyak lagi masyarakat Indonesia yang berinvestasi di SBN," ujar Direktur Bibit, Hilmawan Kusumajaya dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

Sebagai informasi, Bibit juga aktif mengedukasi masyarakat tentang manfaat berinvestasi di instrumen ini. Hal ini terbukti berhasil, terlihat dari tren positif pasar SBN domestik di tengah kondisi pasar keuangan global yang volatile.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya