5 Cara Ngeles dari Penjahat Siber, Nomor Terakhir Selalu Dianggap Enteng

Seorang hacker/peretas mencoba membongkar keamanan siber.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/am.

VIVA Tekno – Selain menghadapi risiko kiriman sampai tujuan dalam waktu lama karena lonjakan pengguna layanan menjelang Lebaran, konsumen juga dibayangi penipuan melalui chat yang mengatasnamakan kurir dalam fitur pesan instan saat menggunakan platform belanja online.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Dalam penipuan melalui chat pesan instan yang lazim disebut sniffing, penipu yang menyamar menjadi kurir mengirimkan pesan singkat yang ditulis sebagai resi dengan berkas berformat APK.

Sekilas berkas yang dikirim melalui chat tersebut meyakinkan karena pratinjau seringkali memuat logo perusahaan logistik untuk mengecoh korban.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Namun, jika berkas diunduh atau diklik, maka malware akan terpasang di HP (smartphone/ponsel pintar), sehingga penipu bisa meretas data-data penting, termasuk akun dompet digital dan rekening bank.

Blibli membagikan lima cara untuk menghindari chat penipuan saat menggunakan platform belanja online menjelang Lebaran:

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Blibli.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

1. Tidak apatis

Pengguna HP terkadang merasa paham modus penipuan yang populer sehingga lupa bahwa praktik kriminal online bisa berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, pengguna HP perlu mencari tahu secara berkala modus penipuan online dan bagaimana cara menghindarinya.

Bagikan juga informasi tersebut kepada orang-orang terdekat supaya mereka juga terhindar dari risiko penipuan online.

2. Jangan asal klik atau unduh

Penjahat siber sengaja mengirim berkas atau tautan dengan harapan korban mengklik atau mengunduhnya. Jika menerima pesan dari nomor tidak dikenal, maka sebaiknya jangan mengklik atau mengunduh berkas yang diberikan.

Jika sudah terlanjur mengeklik atau mengunduh APK dan merasa tidak aman, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyetel ulang ponsel ke factory reset atau setelan pabrik dengan risiko kehilangan seluruh data yang disimpan di HP, termasuk foto.

3. Perhatikan izin akses aplikasi

Saat hendak memasang aplikasi, terutama yang dikirim melalui chat, cek izin akses yang akan diambil aplikasi tersebut untuk memastikan keamanannya. Jika muncul peringatan keamanan, sebaiknya hentikan memasang aplikasi.

4. Lapor ke otoritas

Jika menerima berkas atau tautan yang mencurigakan, pengguna bisa melaporkan ke otoritas, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui situs Aduan Nomor.

Jika aktivitas mencurigakan ditemukan di aplikasi belanja, maka sebaiknya segera menghubungi layanan pelanggan dari penyedia layanan belanja.

5. Ganti kata sandi secara berkala

Mengganti password atau kata sandi secara berkala adalah salah satu langkah pencegahan yang masih dianggap jitu, meski terkadang dinilai merepotkan.

Untuk memperkuat keamanan data pribadi, jangan gunakan kombinasi yang mudah ditebak. Sangat tidak disarankan menggunakan tanggal lahir sebagai password.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya