Aksesoris Sepeda Sultan Ini Kualitasnya Standard Industri Penerbangan

Sepeda Brompton.
Sumber :
  • Brompton.com

VIVA – Bersepeda jadi pilihan orang banyak untuk olahraga. Seperti diketahui, saat ini popularitas Brompton sedang melesat di Indonesia. Hal tersebut membuat salah satu perusahaan manufaktur lokal memutuskan untuk memproduksi aksesoris khusus sepeda sultan atau harganya mencapai puluhan juta rupiah itu.

Kaum Mendang-mending Jangan Kaget dengan Harga Mobil Listrik BMW i5, Incar Pejabat dan Sultan

Menggunakan merek Koenig, atau Raja dalam Bahasa Jerman, aksesoris-aksesoris ini diklaim memakai material dan standard produksi yang biasa diterapkan industri komponen presisi dan penerbangan.

Baca: Sepeda Astronot Lebih Mahal dari Brompton, Dipakai di Luar Angkasa

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

“Awalnya produsen kami yang telah lama memproduksi dan mengekspor produk presisi tinggi ke Eropa, Asia, dan Amerika mendengar keluhan sekelompok pemilik sepeda lipat Brompton soal kualitas aksesoris impor yang membanjiri pasar Indonesia," kata Direktur Pemasaran PT Helix Bike Indonesia, Utjang, Senin, 23 November 2020.

Ia melanjutkan, kualitas semua aksesoris tersebut dianggap tidak memuaskan, baik dari sisi daya tahan, keamanan maupun desain. "Sampai akhirnya melahirkan merek Koenig pada tanggal 4 Oktober lalu,” paparnya, yang perusahaannya merupakan distributor tunggal Koenig.

Tradisi Takjil Gulai Kambing Setiap Malam Jumat di Masjid Kauman Yogyakarta

Menurutnya, Koenig merupakan aksesoris sepeda pertama di dunia yang diproduksi dengan standard manufaktur industri penerbangan. Pemilihan material, proses perancangan, hingga manufaktur dilakukan dengan detail keamanan, kekuatan, serta nilai seni yang tinggi.

“Koenig mengisi kebutuhan pasar premium. Karena itu kami memberi kualitas yang keamanan, kekuatan, dan nilai seni yang belum pernah dibuat oleh manufaktur aksesoris sepeda manapun di dunia. Meski belum berumur tiga bulan tapi respons pasar sangat positif," tegas Utjang.

Bahkan, kata dia, bukan hanya Indonesia tetapi juga sudah masuk pasar Singapura, Malaysia, Filipina, dan Hong Kong. "Pelanggan kami saat ini mengaku tak hanya sangat puas tapi menganggap Koenig sukses membuat new benchmarking di industri global aksesoris sepeda,” tuturnya.

Saat ini ada 4 jenis aksesoris Koenig yang telah dilempar ke pasaran, yakni Easy Wheel (roda penopang untuk mobilisasi sepeda Brompton ketika dalam keadaan terlipat), Seat Post clamp (pengunci tonggak sadel), Seat Post Stopper (Pelindung tonggak sadel), dan Rackshaft (poros pasang easy wheel).

“Material utama semua produk ini adalah Inox, aluminium kelas pesawat terbang dan titanium kelas pesawat terbang yang tahan segala macam cuaca, andal untuk pemakaian jangka panjang serta memberi penampilan istimewa,” papar Utjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya