Taaruf dengan Calon Terkuat Pengganti Twitter, Media Sosial Mastodon

Media sosial Mastodon.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA Tekno – Mastodon, jejaring sosial terdesentralisasi yang semakin diposisikan sebagai alternatif Twitter, telah melampaui 1 juta pengguna aktif bulanan, menurut CEO dan pengembang utama Eugen Rochko, yang mengungkapkan tonggak sejarah dalam sebuah postingan.

Unik, Cara Ini Bisa Buat DM Penggemar Dibalas oleh Publik Figur Idola

Mastodon yang berbasis di Jerman telah mengalami pertumbuhan pesat sejak pengambilalihan Twitter oleh Elon Musk, dengan hampir setengah juta pengguna bergabung di jaringan tersebut sejak 27 Oktober 2022.

Meski hanya sebagian kecil dari 238 juta pengguna aktif harian Twitter, basis pengguna Mastodon tetap meningkat tajam. Sebelumnya platform tumbuh 60-80 pendaftaran pengguna baru per jam sebelum 27 Oktober, menjadi ribuan pendaftaran per jam untuk saat ini.

Video Aksi Pencuri Gasak Spion Mobil yang Parkir di Garasi

Kepemilikan baru Twitter yang kontroversial telah meningkatkan ekspansi Mastodon. Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka terinspirasi untuk beralih ke Mastodon karena kekhawatiran tentang bagaimana fungsi Twitter dapat berubah di bawah kendali Musk.

Sementara yang lain bergabung sebagai bentuk protes terhadap skema verifikasi berbayar baru Twitter dan pendekatan Musk yang keras untuk memoderasi bentuk satire tertentu, menurut situs Tech Crunch, Selasa, 8 November 2022.

Areum Eks T-ARA Akhirnya Kembali Aktif di Media Sosial

Mastodon menawarkan pengalaman dalam banyak hal yang sebanding dengan Twitter, di mana mereka juga memiliki fitur seperti tagar, balasan, bookmark, dan peningkatan seperti retweet.

Mastodon

Photo :
  • Mastodon

Namun tidak seperti Twitter, jaringan ini bebas iklan dan didistribusikan di ribuan server yang diatur berdasarkan minat dan wilayah geografis. Sebagian besar dijalankan oleh sukarelawan yang bergabung dengan sistem individu, bersama-sama dalam sebuah federasi.

Setelah mereka mendaftar dan memilih server melalui web atau klien seluler, pengguna Mastodon dapat bertukar posting dan tautan dengan orang lain di server mereka sendiri serta pengguna di server lain di seluruh jaringan. 

Setiap server dapat memilih untuk membatasi atau menyaring jenis konten yang tidak diinginkan, seperti pelecehan dan kekerasan yang tidak beralasan. Sedangkan pengguna di server lain dapat memblokir dan melaporkan orang lain kepada administrator.

Didirikan pada tahun 2016, Mastodon tidak diatur oleh entitas pusat. Tidak ada pemilik server yang dapat memaksakan kehendak mereka atau mematikan jaringan. Pemilik server dapat dengan mudah memutuskan hubungan dengan server mana pun yang menganut kebijakan ekstrem. 

Desain yang terdesentralisasi memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi biaya overhead dan membuatnya mustahil bagi satu entitas —seperti Elon Musk— untuk mengakuisisi.

Rochko yang berusia dua puluh lima tahun adalah satu-satunya karyawan penuh waktu di proyek tersebut, memprogram di rumahnya dengan gaji bulanan €2,400 (Rp37 juta) .Dia telah bekerja 12 hingga 14 jam sehari untuk mengikuti arus permintaan, membeli perangkat keras yang lebih kuat untuk meningkatkan server basis data Mastodon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya