Ahli Temukan Golongan Darah P, Hanya Satu dalam Sejuta

Golongan darah.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Para ahli medis di Provinsi Jiangsu, China, menemukan satu kasus langka dari golongan darah P, yang bahkan dianggap lebih langka dibandingkan subtipe “darah dinosaurus” atau “darah panda”. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Penemuan ini menambah kasus baru golongan darah langka yang tercatat dalam sejarah. Menurut People's Daily, golongan darah rhesus negatif, yang umumnya dikenal sebagai "darah panda", berjumlah sekitar 0,4 persen di populasi China, dan fenotip para-bombay, yang dikenal sebagai "darah dinosaurus", berjumlah sekitar satu dari 10.000 berbanding satu dalam 100.000, sedangkan frekuensi golongan darah P lebih rendah dari satu dalam sejuta, dilansir Selasa, 9 Januari 2024.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Golongan darah

Photo :
  • times of india

Golongan darah yang sangat langka ini telah ditemukan di Provinsi Jiangsu, China Timur. Menurut Cao Guoping, dokter dari Taixing People's Hospital, hasil pengurutan gen pada kasus ini tidak konsisten dengan semua mutasi gen kelompok P yang dilaporkan.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Saat ini, hanya ada sembilan kasus golongan darah p yang tercatat di China. Golongan darah P awal ditemukan pada tahun 1927, dan data menunjukkan bahwa ada lima fenotipe reguler dalam sistem golongan darah P – P1, P2, P1k, P2k, dan p.

Dalam kasus ini, telah dipastikan bahwa rangkaian nukleotida yang hingga saat ini belum ditemukan di tempat lain di dunia dalam golongan darah P, sebuah fakta yang terkonfirmasi setelah Cao mengirimkan hasil pengurutan tersebut ke bank gen manusia pada bulan Desember 2023.

Golongan darah

Photo :
  • times of india

Cao mengatakan kepada media bahwa penemuan baru ini mempunyai nilai klinis yang besar.

Meskipun golongan ABO dan Rh paling penting dalam transfusi darah, terdapat 36 golongan darah tambahan yang dikenal. Setiap golongan darah memiliki campuran unik antara gula dan protein yang dikenal sebagai antigen, yang terdapat pada permukaan sel darah merah, menurut penjelasan NHS.

Dengan lebih dari 600 antigen, terdapat potensi keragaman yang besar antar individu. Jika darah seseorang mengandung antigen yang tidak biasa atau tidak memiliki antigen yang umum ditemukan, mereka mungkin memiliki subtipe yang langka, menurut laporan NHS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya