Sebanyak 28 Tenant Inkubasi Science Techno Park IPB University

IPB University
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sebanyak 28 tenant inkubasi Science Techno Park IPB University dan pendamping tenant mengikuti Coaching Clinic seri ketiga yang digelar oleh  Science Techno Park  (STP) IPB University. Sesi kali ini membahas terkait Pembukuan Bisnis Sederhana, 29/10.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Anantha Zakaria, MM, selaku narasumber menyampaikan terkait solusi penyusunan pembukuan bisnis menggunakan microsoft excel, aplikasi buku kas dan teman bisnis. Selain itu, ia juga mengulas tentang pentingnya menyusun pembukuan bisnis.

“Pembukuan bisnis ini berkaitan dengan pengambilan keputusan bisnis yang berdasarkan data keuangan, merencanakan dan mengendalikan bisnis, serta untuk mengakses permodalan,” terang Anantha. Lebih lanjut ia menerangkan, langkah-langkah penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan dengan membuat jurnal atau bukti transaksi, buku besar atau catatan rekening, neraca saldo dan laporan laba rugi. Menurutnya, cara cara tersebut merupakan salah satu solusi terkait keuangan.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Pada kesempatan ini, para peserta diberikan penjelasan mengenai langkah dan cara mencatat keuangan melalui excel kemudian melalui aplikasi buku kas dan teman bisnis oleh narasumber. Para peserta juga diberikan studi kasus dan latihan agar lebih memahami materi yang didapatkan melalui bentuk latihan pencatatan pembukuan keuangan, neraca, pajak dan laporan laba rugi. Peserta membuat latihan tersebut berdasarkan laporan keuangan usahanya masing-masing agar dapat langsung diterapkan, sehingga menjadi bekal dalam pelaporan keuangan usahanya masing-masing.

Ia berharap Coaching Clinic LKST IPB University terus menginspirasi dan memberikan motivasi agar tetap semangat, tetap fokus pada tujuan, dan mampu mengembangkan pasar yang strategis, membangun tim yang kuat, dukungan finansial yang memadai dan kapasitas produk dan kualitas produk yang semakin membaik. (IPB)

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna
Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

BI menegaskan, terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024