5 Fakta Menarik Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq,

Ilustrasi kekhalifahan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Abdullah bin Abu Quhafah yang lahir 573 – 23 Agustus 634/21 Jumadil Akhir 13 H atau yang lebih dikenal dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq, adalah salah satu pemeluk Islam awal-awal, salah satu sahabat utama Nabi, dan khalifah pertama yang dibaiat sepeninggal Nabi Muhammad wafat. Melalui putrinya, Aisyah, Abu Bakar merupakan ayah mertua Nabi Muhammad.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Ash-Shiddiq yang merupakan julukan Nabi Muhammad kepada Abu Bakar merupakan salah satu gelar yang paling melekat padanya, bersama ketiga penerusnya, Abu Bakar dimasukkan ke dalam kelompok Khulafaur Rasyidin.

Abu Bakar telah mengambil berbagai peran besar. Melalui ajakannya, Abu Bakar berhasil mengislamkan banyak orang yang di kemudian hari menjadi tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam, di antaranya adalah 'Utsman bin 'Affan yang kemudian menjadi khalifah ketiga. Abu Bakar juga turut serta dalam berbagai perang seperti Perang Badar (624 M/2 H) dan Perang Uhud.

Luar Biasa, Ternyata Ini Tugas Nabi Muhammad SAW Diutus ke Dunia

Berikut fakta menarik dari Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq, dikutip dari Orami, sebagai berikut:

1. Manusia terbaik Setelah Nabi Muhammad

Buya Yahya Bongkar Hukum Memakai Baju Baru Ketika Lebaran, Ternyata Begini

“Kami pernah memilih orang terbaik di masa Nabi SAW. Kami pun memilih Abu Bakar, setelah itu Umar bin Khattab, lalu ‘Utsman bin Affan Radhiallahu’anhu,” (HR Bukhari).

2. Menemani Nabi di Gua Saat Dikejar Kaum Quraisy

Hal ini pun dijelaskan dalam Aquran, dalam surat At Taubah:40 "salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: ‘Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita".

As Suhaili berkata: “Perhatikanlah baik-baik, di sini Rasulullah SAW berkata ‘janganlah kamu bersedih’ namun tidak berkata ‘janganlah kamu takut’, Karena ketika itu rasa sedih Abu Bakar terhadap keselamatan Rasulullah SAW sangat mendalam, sampai-sampai rasa takutnya terkalahkan,”.

Ketika hendak memasuki gua pun, Abu Bakar masuk terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada hal yang dapat membahayakan Nabi Muhammad SAW.

3. Abu Bakar, Orang yang Paling Dicintai Nabi

Hal ini pun pernah disabdakan oleh Nabi Muhammad "Siapa orang yang kau cintai? Rasulullah menjawab: ‘Aisyah’. Aku bertanya lagi: ‘Kalau laki-laki?’. Beliau menjawab: ‘Ayahnya Aisyah’ (yaitu Abu Bakar),” (HR Muslim).

Abu Bakar dijuluki Ash Shiddiq, karena dirinya membenarkan kabar dari Nabi Muhammad SAW dengan kepercayaan yang sangat tinggi. Terbukti, dia menjadi orang pertama yang masuk Islam.

Abu Bakar termasuk orang yang mempercayai perjalanan Isra Mi'raj yang dilakukan oleh Rasululah SAW. Bahkan, Allah SWT menyebutnya sebagai Ash Shiddiq dalam Alquran.

4. Dermawan

Ketika Nabi Muhammad menyuruh untuk bersedekah, Abu Bakar langsung menyedekahkan seluruh harta yang ia miliki, maka dari itu Abu Bakar orang yang sangat dermawan, seperti apa yang telah Nabi Sabdakan sebagai berikut.

"Rasulullah SAW memerintahkan kami untuk bersedekah, maka kami pun melaksanakannya. Umar berkata: ‘Semoga hari ini aku bisa mengalahkan Abu Bakar’. Aku pun membawa setengah dari seluruh hartaku. Sampai Rasulullah SAW bertanya: ‘Wahai Umar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?’. Kujawab: ‘Semisal dengan ini’. Lalu Abu Bakar datang membawa seluruh hartanya. Rasulullah SAW lalu bertanya: ‘Wahai Abu Bakar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?’. Abu Bakar menjawab: ‘Ku tinggalkan bagi mereka, Allah dan Rasul-Nya’. Umar berkata: ‘Demi Allah, aku tidak akan bisa mengalahkan Abu Bakar selamanya’,” (HR Tirmidzi)

5. Meneruskan misi-misi Nabi Muhammad setelah wafat

Setelah sepeninggalan Nabi Muhammad, Abu Bakar diangkat menjadi Khalifah selama 2 tahun 5 bulan, yang pastinya banyak masalah bermunculan sepeninggalan nabi, maka dari itu Abu Bakar yang meneruskan kendali syariat-syariat islam yang telah nabi wariskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya