Tips yang Perlu Disiapkan Orang Tua Sebelum Libur Akhir Tahun Anak Sekolah

Ibu dan anak liburan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Libur akhir tahun merupakan salah satu yang dinantikan oleh anak sekolah. Jadwal libur sekolah sudah di depan mata, tepatnya pada akhir tahun di bulan Desember dan Januari.

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Liburan merupakan momen bersama keluarga yang sangat berharga. Di waktu itu, setiap anggota keluarga saling menghabiskan waktu bersama. Lantaran di hari-hari biasa disibukkan dengan kegiatan masing-masing.

Namun, bagi orang tua sebaiknya mempersiapkan beberapa tips sebelum menjelang libur akhir tahun anak sekolah. Sebelum pergi sebaiknya menyusun rencana dari jauh hari, agar semuanya dipersiapkan matang-matang.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

1. Pilih Destinasi Ramah Anak

Liburan Bersama Keluarga

Photo :
  • U-Report
Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Pertama yang harus diperhatikan adalah destinasi tempat liburan bersama anak-anak. Utamakan memilih destinasi yang ramah dengan anak atau yang cocok untuk usia anak-anak. Lebih baik lagi jika memilih destinasi liburan yang memiliki unsur edukasi, di mana sang anak tak hanya berlibur namun juga belajar.

2. Lihat Kalender Libur Sekolah

Ilustrasi kalender.

Photo :
  • U-Report

Sebelum pergi pastikan tanggal kepergian dengan kalender libur sekolah agar liburan terjadwal dengan baik. Perhatikan informasi dari sekolah mengenai rentang libur anak-anak melalui sumber yang tepat.

3. Aktivitas yang Dilakukan Selama Berlibur

Mengisi Liburan Sekolah di Pusat Perbelanjaan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Sebelum menghabiskan waktu untuk berlibur bersama dengan anak-anak. Orang tua penting untuk membuat aktivitas yang akan dilakukan selama liburan. Selain itu, penting juga membuat daftar barang yang akan dibawa dan dibutuhkan anak selama kegiatan.

4. Penginapan

Ilustrasi penginapan.

Photo :
  • Bintan Lagoon Resort

Jika harus menginap, pastikan memilih hotel yang rama dengan keluarga terutama anak-anak. Hal itu karena hotel seperti itu biasanya memberikan berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan keluarga. Tempat yang nyaman sangat penting untuk menikmati liburan. 

5. Persiapkan Kebutuhan Anak

Persiapkan kebutuhan anak seperti, baju, susu, camilan, alat makan, serta obat-obatan. Pastikan membuat list kebutuhan agar tidak ada peralatan yang tertinggal sebelum pergi liburan bersama anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya