Asal-usul Tradisi Beli Baju Baru Jelang Hari Raya Idul Fitri

Presiden Jokowi tinjau pasar Tanah Abang
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Edukasi – Menjelang Hari Raya Idul Fitri kegiatan membeli baju baru seakan sudah mendarah daging di kalangan umat Muslim Indonesia. Lantaran sudah melekat sejak zaman dahulu, hal ini bahkan sudah dianggap sebagai tradisi jelang Lebaran.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Lantas, jika menelisik ke belakang, bagaimana awal mula tradisi beli baju lebaran muncul?

Ilustrasi Pasar Tanah Abang

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Dilihat dalam buku Sejarah Nasional Indonesia karya Poesponegoro dan Notosusanto Senin, 10 April 2023, dijelaskan bahwa awal mula tradisi beli baju baru jelang Lebaran telah berlangsung sejak tahun 1596.

Pada waktu itu, keluarga Kesultanan Banten selalu berkeinginan menyambut Idul Fitri dengan keadaan suci, bersih dan seperti terlahir kembali yang disimbolkan dengan memakai baju baru.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Lantaran kebiasaan ini dilakukan oleh sosok yang dijadikan panutan oleh masyarakat, akhirnya hal tersebut pun menyebar luas di masyarakat Banten.

Menjelang Idul Fitri, masyarakat Banten yang mampu berbondong-bondong membeli baju baru, Sementara masyarakat biasa hanya membeli kain yang kemudian dijahit menjadi baju baru. Siapa yang menyangka tradisi tersebut mengakar hingga saat ini, bahkan, saking melekatnya tradisi ini di masyarakat ada yang sampai beranggapan ‘bukan Lebaran kalau nggak pakai baju baru’.

Sementara dalam buku Islam di Hindia Belanda Penasehat Urusan Pribumi untuk Pemerintah Kolonial Belanda, Snouck Hurgronje menyatakan bahwa kegiatan beli baju baru jelang Lebaran mirip dengan tradisi perayaan tahun baru Eropa. Dia mencatat kebiasaan ini sudah ada sejak awal abad ke-20.

Belanja baju lebaran.

Photo :
  • U-Report

“Lebih banyak uang dikeluarkan di Betawi dibandingkan dengan kebanyakan tempat lain karena pembelian petasan, pakaian dan makanan pada hari Lebaran,” kata Snouck

Saat itu, lanjut dia, para bupati dan kepala wilayah melengkapi penampilan mereka dengan pakaian berupa kain pantalon berbenang emas, lengkap dengan sepatu bot menirukan penampilan Eropa.

Sementara untuk rakyat biasa hanya mempunyai sedikit pilihan dalam membeli pakaian baru. Pakaian mereka biasanya bergaya Arab. Namun, memasuki tahun 1900 rakyat biasa mulai memiliki banyak pilihan pakaian baru.

Semakin banyaknya pilihan model pakaian berimbas pada pertumbuhan industri tekstil di Hindia Belanda. Efeknya, pasar penjualan semakin luas.  Berawal dari fenomena itu, waktu menjelang lebaran menjadi masa penjualan terbaik untuk pertumbuhan industri tekstil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya