Kampus Merdeka Digadang Jadi Cara Jitu Atasi Pengangguran Kategori Lulusan Baru

Ilustrasi wisuda.
Sumber :
  • U-Report

Tangerang - Angka pengangguran yang tinggi dengan 7,6 juta jiwa, membuat sejumlah sektor melakukan upaya untuk bisa menekan peningkatan pengangguran, terutama pada kategori usia produktif.

Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia

Dalam hal ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pun memberikan program bagi para mahasiswa melalui Kampus Merdeka, untuk bisa menekan tingkat pengangguran dengan kategori lulusan baru.

Di mana, melalui Kampus Merdeka, setiap universitas diminta menjalin kerjasama dengan para perusahaan industri untuk bisa mengembangkan kemampuan para mahasiswa, agar siap terjun di dunia kerja.

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

Rektor UPH Tangerang, Jonathan L. Parapak mengatakan, melalui program Kampus Merdeka, setiap mahasiswa yang akan lulus akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program tersebut sebagai bentuk pengembangan SDM atau Sumber Daya Manusia.

"Kita lakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan, baik itu bidang pendidikan atau industri, tujuan untuk menyiapkan mereka di dunia kerja," katanya di Tangerang, Rabu 14 Junii 2023.

Perkuat Sektor Jasa Keuangan, OJK Gandeng Asosiasi Profesi

Universitas Pelita Harapan (UPH)

Photo :
  • www.uph.edu

Kerjasama yang dilakukan seperti dengan platform pembayaran digital. Yang mana, dalam kerjasama itu, mahasiswa di seluruh jurusan akan mendapatkan materi mengenai pembayaran digital, serta dapat melakukan proses magang di perusahaan tersebut.

"Kami melakukan kerjasama ini sebagai bentuk pengembangan program Kampus Merdeka. Di mana, kami akan mengisi atau memberikan materi tentang bisnis dan pembayaran digital yang berkembang saat ini. Sehingga, para mahasiswa yang ikut pada program Kampus Merdeka ini dapat siap terjun di dunia kerja dengan perkembangan zaman yang ada, atau kita bisa menghasilkan entrepreneur," ujar CEO DOKU, Chris Yeo.

Dalam program ini, pihaknya turut membuka posisi magang bagi para mahasiswa sebelum nantinya terjun di dunia pekerjaan.

"Kita juga buka posisi magang bagi para mahasiswa, tidak ada batasan, kami buka seluasnya. Sehingga, skill mereka bisa terbentuk dan siap untuk bersaing di dunia kerja," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya