Kemendikbudristek Diminta Evaluasi PPDB Secara Menyeluruh

Wali Kota Bogor, Bima Arya menindaklanjuti aduan warga soal manipulasi PPDB
Sumber :
  • VIVA | Muhammad AR (Bogor)

Tangerang - Pejabat Gubernur Banten Al Muktabar tengah mengusulkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk melakukan evaluasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara menyeluruh.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

"Jadi kita sedang mengonsolidasikan dan sekaligus mengevaluasi hal-hal yang harus diperbaiki," kata dia di Tangerang, Kamis 27 Juli 2023. 

"Karena ini otoritas kita terbatas, dan tentu kita akan komunikasikan ke Kemendikbudristek untuk dievaluasi atas banyaknya penemuan masalah (PPDB) agar bisa diharapkan oleh masyarakat," tambahnya. 

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Menurut dia, selama ini pemerintah daerah (pemda) memiliki keterbatasan, yang mana pihaknya di lapangan hanya melaksanakan ketentuan tentang PPDB, seperti menyangkut sistem afirmasi, zonasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi.

"Jadi otoritas kita terbatas dalam me-review (meninjau ulang) atas keadaan permasalahan ini," katanya.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Ia mengungkapkan permasalahan sistem PPDB tidak terjadi hanya dalam satuan pendidikan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi, namun terjadi juga di satuan pendidikan tingkat kabupaten/kota.

"Sekarang kita masih review secara teknis, karena ini kan PPDB juga tidak hanya di SMA, SMK, dan SKH yang kewenangan provinsi. Tapi juga ada di kabupaten/kota," ujarnya.

Untuk mendalami permasalahan terkait dengan PPDB, pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan langsung terhadap penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru di setiap satuan pendidikan.

"Kita masih melakukan pemantauan, seperti kemarin saja kita langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Banten," kata dia. (Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya