Aktif Berkompetisi Sejak SMA, Pria Asal Surabaya Masuk Daftar Top Asia Tenggara

Ilustrasi teknologi digital.
Sumber :
  • ThreatMetrix

SURABAYA – Passion yang begitu kuat di bidang teknologi informasi membuat seorang developer berbakat asal Surabaya terus berupaya membuat inovasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.  

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Ade Prasetyo, developer web dan aplikasi kelahiran 4 Desember, saat ini tengah mengembangkan aplikasi multiguna yang ia sebut sebagai SuperApp. Apa itu? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut. 

“Dalam jangka menengah ini, saya sedang mengembangkan sebuah aplikasi. Ini adalah sebuah platform yang berisi banyak layanan yang dikemas menjadi satu aplikasi,” terang pria yang juga sarjana Teknologi Informasi dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dikutip dari keterangannya, Selasa 1 Agustus 2023. 

Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Sekilas ia menjelaskan SuperApp adalah istilah yang merujuk kepada aplikasi ponsel pintar (mobile app) yang menyediakan beragam layanan dan fitur yang beragam di bawah satu platform tunggal. Ide utama di balik konsep SuperApp adalah memberikan solusi serbaguna bagi pengguna sehingga mereka dapat memenuhi banyak kebutuhan sehari-hari mereka melalui satu aplikasi tunggal. 

Pengamat Sepakbola Asing Sorot Timnas Indonesia: Gaya Main Mereka Langka di Asia

“Aplikasi ini belum saya kembangkan untuk keperluan komersial, melainkan masih sebatas portofolio pribadi,” terang pria yang kini bekerja di sebuah perusahaan IT di Surabaya ini. 

Bagi Ade, inovasi adalah salah satu keniscayaan di dunia teknologi dan informasi. Minatnya yang sudah terasah sejak belia membuat ia sering ikut kompetisi dan mendapatkan penghargaan. Sejak masih duduk di bangku SMA, bahkan ia sudah aktif berkompetisi. 

Tepat di tahun 2017, namanya muncul sebagai dalam daftar TOP 50 Line Creativate – Line Bot Developer Challenge. Pada kompetisi tersebut, Ade membuat sebuah chat berbasis bot yang dapat dijalankan di platform LINE. Ade menamakan Bot ciptaannya tersebut dengan judul Junet. 

Di tahun berikutnya, namanya kembali masuk ke dalam daftar TOP 60 LINE Creativate 2018 - Chatbot Competition. Seperti diketahui, LINE Creativate merupakan sebuah kompetisi kreatif berbasis digital terbesar se-Asia Tenggara yang digelar oleh LINE Indonesia. 

Begitu juga kala ia mengikuti kompetisi Hackathon Pintar 1.0 pada 2019 lalu. Nama Ade terpilih sebagai salah satu developer terbaik pada ajang tersebut. Pengalaman dalam berbagai kompetisi membuat skill dan kemampuan Ade semakin terasah. Karya demi karya pun lahir lewat pengetahuan dan kemampuannya, baik yang dirancang secara individu maupun tim. 

Salah satu karya terbaiknya pernah membuat sebuah aplikasi bernama RiNN bekerja sama dengan dosen dan seorang temannya. Aplikasi tersebut diciptakan Ade guna membantu masyarakat yang sedang beradaptasi dengan situasi pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu. Ade berharap, pencapaian dan  karya yang akan dibuatnya dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat terutama kalangan muda dan kaun milenial.  

"Semoga dapat menjadi sumber inspirasi bagi generasi mendatang yang tertarik dengan bidang teknologi. Saya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk mendorong generasi muda untuk mengejar karier di bidang teknologi,” ujar pemilik akun Instagram dan Tiktok bernama @ade67p tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya