SDN Cibening 01 Setu, Sukses Bangun Lingkungan Sekolah Hasil Kolaborasi Komite dan Kepala Sekolah

SDN CIBENING 01 SETU l
Sumber :
  • SDN CIBENING 01 SETU

VIVA Edukasi – Pendidikan menjadi salah satu elemen penting menuju Indonesia Emas 2045. Untuk itu generasi penerus bangsa harus disiapkan sejak dini melalui pendidikan yang adil, berkualitas, modern, dan mengedepankan aspek penting yang telah diwakili dalam kurikulum Merdeka saat ini.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Tidak kalah penting, keberadaan Komite yang hingga saat ini belum mendapat perhatian.

Permendikbud No.75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah telah menegaskan fungsi dan peran Komite sebagai bagian yang harus diberdayakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih bermutu. 

Asosiasi Pengusaha Pelayaran di Asia Dorong Kolaborasi Regional

Fungsi Komite Sekolah, yakni mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/ organisasi/dunia usaha dan dunia industri dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu.

Ilustrasi bangku kelas

Photo :
  • unsplash.com
Bali Jadi Tuan Rumah World Water Forum ke-10, Simak Rangkaian Acaranya

Sementara ada 4 peran yang harus dilakukan Komite Sekolah, yaitu sebagai lembaga pemberi pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran, maupun tenaga, pengontrol (controlling agency) dalam rangka transparasi dan akuntabilitas, dan mediator (mediator agency) antara pemerintah (eksekutif) dengan masyarakat di satuan pendidikan.

SDN Cibening 01 Setu menjadi contoh baik dalam melakukan kolaborasi antara Komite dan Kepala Sekolah. Keduanya bersinergi untuk kemajuan sekolahnya, Komite mendapatkan akses yang leluasa untuk memperoleh data terkait pengelolaan dana BOS, demikian sebaliknya Komite bersama wali murid bahu membahu membangun infrastruktur sekolah yang memang mustahil jika mengandalkan dana yang ada.

SDN Cibening 01 Setu berusaha dengan berinovasi untuk melakukan tata kelola Komite yang baik, mulai dari membentuk perwakilan kelas hingga terdapat tim yang mengawasi secara khusus pengelolaan dana sumbangan agar tidak menyimpang,”jelas Sarip Hidayatulloh, Ketua Komite SDN Cibening 01 Setu, Tuan Rumah Silaturahmi Forum Komite Kabupaten Bekasi.

Senada dengan yang disampaikan Ketua Komite, M. Muhayati, Kepala SDN Cibening 01 Setu menuturkan, “Kepala sekolah dan  komite mempunyai kedudukan yang sejajar sebagai mitra di satuan pendidikan. Komite bertanggung jawab langsung  kepada orang tua murid dan  masyarakat, sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab terhadap kemajuan, kualitas, pembinaan tenaga pendidik, dan pemerataan kesempatan belajar bagi peserta didik. Sebagai kepala sekolah tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerjasama yang baik dari semua warga sekolah dalam hal ini komite sekolah.”

Sementara itu, Septiana, Ketua Hubungan Antarlembaga dan Advokasi, Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi mengatakan 

“Apa yang telah dicontohkan SDN Cibening 01 Setu, bisa dijadikan referensi dalam menjalin kolaorasi antara Komite dan Kepala Sekolah. 

Banyak ditemui rekan-rekan Komite yang belum memahami tugasnya dan ada pula yang terbentur dengan komunikasi yang belum lancar dengan kepala sekolah. Gagasan tentang Forum Komite Sekolah Kabupaten Bekasi dapat dijadikan wadah komunikasi untuk saling belajar dan mengingatkan satu sama lain, sehingga program sekolah dan komite dapat berjalan beriringan.”

SDN CIBENING 01 SETU l

Photo :
  • SDN CIBENING 01 SETU

Kolaborasi tersebut akhirnya bisa mengembangkan SDN Cibening 01 Setu menjadi semakin baik, mulai dari pembuatan pagar dan gerbang sekolah, paving atau betonisasi permukaan tanah, renovasi ringan, dan lainnya. Semua berasal dari sumbangan wali murid yang memang melihat bukti nyata bahwa dana sumbangan tersebut terealisasi dengan baik.

Menurut Sarip, Komite harus diberdayakan dengan baik, bukan dimusihi atau diabaikan kinerjanya. Itulah kenapa silaturahmi Forum Komite Sekolah ini digagas sebagai media berbagi pengalaman, karena sebagian besar Kepala Sekolah masih tertutup terhadap transparansi anggaran. 

Nantinya, melalui pendampingan Dewan Pendidikan Kabupaten Bekasi, Forum Komite diharapkan bisa menjadi wadah resmi untuk membantu teman-teman Komite yang belum memahami fungsi dan perannya untuk sama-sama belajar dalam forum ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya