Tips Pilih Sepatu yang Tepat untuk Olahraga Agar Tak Cedera

Ilustrasi wanita olahraga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Olahraga beberapa tahun belakangan ini telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Hal ini lantaran mereka mulai sadar akan kesehatan.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Namun, bicara soal olahraga, tentu bukan hanya mempersiapkan fisik saja, melainkan perlengkapan olahraga. Salah satu perlengkapan olahraga paling penting adalah sepatu.

Penting memilih sepatu yang tepat untuk olahraga. Sebab, jika salah memilih sepatu dapat berisiko cedera. Lalu, bagaimana cara memilih sepatu olahraga yang tepat?

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Product Trainer Under Armour Southeast Asia, Syukri Azman memberikan tips untuk memilih sepatu olahraga yang tepat. Pertama, jangan pilih ukuran sepatu yang pas, tapi juga jangan terlalu longgar.

“Jangan terlalu besar dan terlalu kecil. Jangan terlalu longgar karena kaki akan bergerak di dalam dan ankle berisiko cedera. Tapi kalau terlalu ketat akan berdampak ke pembuluh darah. Peredaran darah terhambat. Jadi jarak satu jari penting,” kata dia saat berbincang dengan VIVA di Jakarta, belum lama ini.

Dari Suede Hingga OldSkool, Tingkatkan Gaya dengan Lima Pilihan Sneakers Paling Trendy Saat Ini

Kedua, saran Syukri, perhatikan bantalan sepatu. Sebab bantalan sepatu dapat memengaruhi performa kita saat berolahraga.

"Kalau bantalan sepatu terlalu lembut, kita gunakan saat berlari akan membuat kita nyaman, tapi kalau digunakan di gym akan menyebabkan rasa sakit. Karena ketika kaki kita less support, kalau training pakai bantalan yang agak keras," tuturnya.

Dia menjelaskan, masalah yang mungkin terjadi ketika salah memilih sepatu untuk berolahraga bisa berpengaruh pada ankle hingga lutut.

"Kalau dulu orang selalu bilang suka sakit kakinya saat lari, itu karena jarang olahraga. Tapi bukan itu saja, pemilihan sepatu juga berperan penting. Penting untuk selalu lihat bantalannya. Bantalan sepatu keras itu untuk training, sedangkan yang lembut itu untuk lari," ungkap Syukri. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya