Harbolnas 12.12 Banjir Promo, dari Gratis Ongkir sampai Cashback

Pekerja menaruh barang pesanan konsumen saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 di Warehouse Lazada, Depok, Jawa Barat, Rabu, 12 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional dilakukan setiap tanggal 12 Desember atau dikenal dengan sebutan 12.12. Setiap tahunnya, Harbolnas semakin ditunggu kehadirannya di tengah pertumbuhan perkembangan online shop di Indonesia.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Dirunut dari sejarahnya, Harbolnas dicetuskan pertama kali pada tahun 2012. Harbolnas di Indonesia dicetuskan pertama kali oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia, umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA) yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak.

Tujuannya adalah ingin mengedukasi masyarakat agar mulai terbiasa berbelanja online. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan industry e-commerce di tanah air seperti di negara maju lainnya.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

Tren belanja online pada Harbolnas setiap tahunnya tercatat meningkat. Salah satu e-commerce Shopee Indonesia mencatat, ada 5,4 juta transaksi di Indonesia pada Harbolnas tahun lalu.

Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto menjelaskan bahwa tren berbelanja online di Harbolnas akan terus meningkat. 

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

"Kita melihatnya sebagai tren bahwa masih banyak yang belum belanja online. Semoga ini bisa sebagai festival mengajak mereka mencoba dan yang sudah pernah, menjadi festival untuk belanja lebih banyak lagi di akhir tahun untuk menutup akhir tahun," kata dia dalam konferensi pers Shopee 12.12 di Go Work FX Sudirman Jakarta, Rabu 11 Desember 2019. 

Christie, salah satu pedagang online, mengatakan bahwa ia serta penjual lain yang bergabung melihat Harbolnas sebagai event marketing sekaligus edukasi kepada masyarakat untuk tidak ragu berbelanja online.

"Jadi, banyak sekali diskon dari penjual yang menunggu untuk diberikan kepada costumer. Semua harapan baik dari Shopee atau penjual mendapatkan pembeli baru dari kami. Positif, kita lihat ini adalah kesempatan untuk ekspansi bisnis untuk dapat pembeli baru," jelas dia.

Terkait dengan Harbolnas yang akan jatuh besok hari. E-commerce yang lekat dengan warna oranye ini juga memberikan berbagai penawaran menarik. Berikut ini promo spesial puncak yang diberikan selama 24 jam, di antaranya adalah:
1. Gratis ongkir sepuasnya tanpa minimum pembelian
2. Hadiah Toyota Innova Venturer di 12.12 TV Show
3. Promo Midnight Cashback hingga 120 persen
4. Promo Midnight Elektronik Sale
5. Promo Midnight Fashion Sale
6. Promo Midnight Beauty Sale
7. Promo Midnight Supermarket Sale
8. Promo Midnight Launch
9. Shopee Tangkap 120 Juta
10. Cashback Pulsa, Tagihan, dan Voucher Game Cashback 90 persen
11. Promo voucher makanan 12 ribu
12. Flash Sale 12.12 seperti penawaran menarik Samsung Galaxy note 10 sebesar Rp10.999.000 dari Rp13.999.000, LED TV LG sebesar Rp1.599.500 dari Rp2.199.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya