8 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, dari Obat Jerawat hingga Flek

Lidah buaya (aloe vera)
Sumber :
  • Pixabay/PollyDot

VIVA – Manfaat lidah buaya untuk wajah telah membuat tanaman ini menjadi salah satu bahan pokok yang digunakan oleh produk kosmetik. Manfaat lidah buaya untuk Kesehatan kulit memang sudah banyak diketahui, salah satunya untuk melembapkan kulit.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Selain untuk melembapkan kulit wajah, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka pada kulit. Lidah buaya atau aloe vera adalah jenis tanaman bertangkai pendek yang memiliki daun hijau tebal dan menyimpan banyak air di dalamnya.

Setiap daun pada lidah buaya mengandung air dan lendir. Gel lidah buaya ini memiliki berbagai senyawa bioaktif yang bermanfaat, seperti vitamin, asam amino, mineral, dan antioksidan. Berikut manfaat lidah buaya yang dikutip dari pharmeasy.in.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Lidah buaya dapat menenangkan kulit terbakar

Lidah buaya dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Karena sifatnya yang melembapkan secara alami, dan kemudian menyembuhkan. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar tingkat pertama dan kedua pada kulit.

10 Negara yang Mengekspor Tembakau Terbanyak di Dunia, Indonesia Segini

Senyawa aloesin yang ditemukan dalam tanaman lidah buaya, memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu proses penyembuhan kulit. Lidah buaya juga penuh dengan antioksidan yang memiliki efek perlindungan pada kulit yang terpapar dan rusak oleh sinar UV. Tanaman ini juga sangat menghidrasi dan memerangi pengelupasan kulit yang biasanya terjadi setelah terbakar oleh sinar matahari.

Membantu memudarkan flek hitam

Bintik-bintik gelap pada kulit dikenal sebagai hiperpigmentasi. Bintik-bintik ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, jerawat, atau hanya proses penuaan normal. Namun, senyawa yang disebut aloesin, yang ditemukan di tanaman lidah buaya, bisa membantu memudarkan flek hitam.

Caranya sangat mudah, cukup aplikasikan empat kali sehari selama 15 hari, aloesin terbukti efektif dalam mengobati hiperpigmentasi akibat sinar UV dan pasca-jerawat.

Memberikan manfaat penuaan yang sehat untuk kulit

Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat, dan seperti yang kita ketahui, kelembapan yang cukup juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat, misalnya garis-garis halus dan kerutan.

Selain kemampuannya untuk membantu mengisi dan mempertahankan kelembaban pada kulit, lidah buaya juga merangsang produksi asam hialuronat, serat kolagen, dan elastin pada kulit. Semuanya diperlukan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, kencang, dan kenyal. Menerapkan lidah buaya secara langsung telah terbukti membantu mengembalikan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

Dapat membantu menghilangkan jerawat

Selain sifat antimikroba dan anti-inflamasinya, lidah buaya juga merupakan sumber alami asam salisilat. Asam salisilat tersebut dapat membantu membuka pori-pori sehingga membantu untuk mengatasi jerawat dan komedo. Selain itu, senyawa ini juga akan bertindak sebagai anti-inflamasi pada kelenjar minyak yang menimbulkan jerawat.

Meredakan peradangan kulit

Senyawa acemannan yang terkandung dalam lidah buaya mampu untuk menekan peradangan pada kulit. Tapi, sebelum itu, lakukan uji tempel sebelum menempelkan lidah buaya pada kulit yang meradang. Karena lidah buaya bisa menimbulkan dermatitis kontak alergi pada beberapa orang.

Lecet kecil

Jika dagu atau dahi Anda lecet, Anda bisa mengoleskan lidah buaya ke area tersebut untuk menghilangkan rasa sakit dan sensasi terbakar dengan cepat. Gunakan tiga kali sehari.

Melembapkan kulit

Gel yang terdapat dalam lidah buaya bisa diserap dengan mudah oleh kulit berminyak. Selain itu, lidah buaya juga sangat baik digunakan untuk kulit kering. Semuanya tidak terlepas dari kandungan lidah buaya seperti Vitamin A, C, dan E. Lidah buaya bisa digunakan sebagai pelembap setelah Anda mandi.

Pembersih make up alami

Lidah buaya memiliki tekstur yang lembut dan berupa gel sehingga tanaman ini bisa digunakan untuk membersihkan make up secara alami. Caranya, cukup ambil daging lidah buaya lalu haluskan. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya pada wajah Anda untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Tapi, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa orang yang sensitif terhadap lidah buaya. Jadi, harus berhati-hati ketika menggunakannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya