3 Tips Memilih Jam Tangan, Tampil Kece Saat Lebaran

Ilustrasi jam tangan pria
Sumber :
  • Instagram/aminiofficialshop

VIVA – Hari raya tinggal menghitung hari. Demi tampil rapih dan sopan di hari raya, banyak hal
yang bisa dipersiapkan. Salah satunya memilih jam tangan untuk melengkapi penampilan.
Jam tangan bisa Anda gunakan sebagai item untuk mempertegas penampilan. Bisa menjadi
tampil lebih manly, atau lebih klasik tergantung dari pemilihan jam tangan.

Perajin di Bantul Ini Ubah Limbah Jadi Kerajinan Logam Beromset Ratusan Juta Per Bulan

Memilih jam tangan pun ada kiat-kiatnya. Selain memperhatikan kualitas, memilih jam
tangan juga harus memastikan model dan tampilannya sesuai dengan look yang Anda pilih.
Berikut cara memilih jam tangan yang bikin kamu makin prima saat hari Raya Idul Fitri

1.  Tentukan Desain

Jam Tangan Asal Swiss Gandeng Pemain Drama Serial Queen of Tears, Kim Soo Hyun

Dengan menentukan model yang pas untuk tangan Anda maka penampilan semakin meyakinkan. Analog atau digital, keduanya punya daya tariknya tersendiri. Beda postur badan yang dimiliki, beda pula ukuran tangan dan kecocokan jam tangan untuk dipadukan.

Pastikan lingkaran kepala jam tangan cocok untuk dipakai di pergelangan
tangan. Ketika ukuran kepala jam tangan sudah pas, Anda juga bisa memastikan strap jam
tangan tidak terlalu mencolok dan nyaman di pakai.

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

2. Pilih style jam tangan yang sesuai dengan look yang diinginkan.

Jika ingin tampil kasual dengan kemeja dan celana chino, Anda bisa memilih jam analog dengan strap kulit. Jika Anda suka dengan gaya klasik, paduan sepatu kulit juga cocok dengan jam Anda yang berwarna gold atau silver. Setelah memilih ukuran dan style yang pas untuk tangan Anda, tentunya penting untuk memilih kualitas jam yang baik. Jangan tergiur harga murah, namun kualitas jam hanya bertahan beberapa waktu. Kualitas jam yang baik juga memudahkan aktivitas Anda.

Jika jam tangan tahan di berbagai kondisi ruangan dan tahan air, Anda bisa menghemat waktu
dengan tidak perlu melepasnya. Tentu akan mempersingkat waktu untuk berpindah dari
aktivitas satu dan lainnya.

3. Tips terakhir yang tidak kalah penting, adalah memilih jam tangan dengan kebutuhan
perawatan sesuai dengan aktivitas Anda.

Jam yang berkualitas biasanya hanya perlu dirawat dengan dibersihkan dalam skala waktu tertentu. Jam dengan kualitas tinggi tidak akan menyulitkan Anda dengan perbaikan yang terlalu sering. Hemat waktu dan biaya, adalah alasan mengapa Anda harus memilih jam tangan dengan kualitas yang baik.

Cheng Pan, seorang pengusaha di bidang jam tangan memiliki tips untuk memilih jam tangan. Menurutnya, kelebihan water resist atau anti air merupakan nilai penting bagi jam tangan. Selain bisa digunakan di berbagai aktivitas, jam tangan anti air juga akan tetap membuat look Anda tetap stylish di segala cuaca.

"Penting untuk memiliki jam tangan dengan style yang modern dan anti air, seperti yang disediakan di Amini Official. Jam tangan yang anti air dengan style yang pas menambah rasa percaya diri dalam aktivitas apa pun,” ujar Cheng Pan baru-baru ini.

Prinsipnya untuk menyediakan jam tangan yang berkualitas pun konsisten sejak 2019 lalu. Ketika ingin memilih jam tangan, penting untuk diperhatikan bahwa satu ukuran tidak cocok untuk semua tangan. Karena itu, ketika Anda sedang berbelanja jam tangan, Anda perlu tahu cara memilih jam tangan yang tepat untuk pergelangan tangan Anda.

Meskipun tidak ada aturan atau perhitungan yang ditetapkan untuk ukuran atau bentuk yang sempurna untuk bingkai khusus buat Anda, ada kiat yang dapat Anda ikuti untuk membantu memastikan bahwa pilihan Anda berakhir dengan potongan yang seimbang dan proporsional.

Sebagai permulaan, jam Anda seharusnya terasa nyaman di pergelangan tangan dan cukup kencang agar tidak bergeser tetapi cukup longgar untuk tidak memberikan cap pada kulit Anda. Lalu, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti ukuran huruf, lebar tali, dan desain 

Sebelum Anda dapat menemukan jam tangan yang tepat untuk pergelangan tangan Anda, pertama-tama Anda perlu mengetahui ukuran pergelangan tangan Anda. Apakah pergelangan tangan Anda sangat tipis, ramping, sedang atau tebal akan berdampak pada jam tangan mana yang terlihat pas untuk Anda.

Setelah Anda mengetahui ukuran pergelangan tangan Anda, Anda kemudian akan dapat memilih jam tangan yang sempurna dan terasa nyaman. Mengetahui ukuran Anda juga akan sangat membantu jika Anda ingin berbelanja online karena Anda akan dapat membeli gaya yang pas tanpa mencobanya. Ini juga dapat membantu Anda mempersempit pilihan desain Anda.

Misalnya, jika pergelangan tangan Anda tipis, Anda mungkin ingin memilih jam tangan yang canggih. Padahal, jika pergelangan tangan Anda tebal, jam tangan olahraga dapat membuat pilihan yang lebih bagus.

Cara Mengukur Pergelangan Tangan

  • Ambil pita pengukur fleksibel atau setrip kertas.
  • Lingkari di sekitar lengan Anda.
  • Jika pergelangan tangan Anda 14-16 cm, berarti termasuk dalam kategori tipis. 16-17cm adalah pergelangan tangan yang ramping. 17cm-18cm adalah pergelangan tangan sedang dan di atas 18cm adalah pergelangan tangan yang tebal.

Tali Jam Tangan

Ketika berbicara soal tali, jam tangan yang paling proporsional memiliki lebar setengah dari diameter case. Oleh karena itu, jika jam tangan Anda memiliki case 42mm, seharusnya memiliki lebar tali 21mm. Tentu saja, ini hanyalah panduan, dan banyak pria lebih menyukai band yang lebih lebar atau sempit tergantung selera mereka.

Mengetahui ukuran Anda juga akan sangat membantu jika Anda ingin berbelanja online karena Anda akan dapat membeli gaya yang pas tanpa mencobanya. Ini juga dapat membantu Anda mempersempit pilihan desain Anda. Misalnya, jika pergelangan tangan Anda tipis, Anda mungkin ingin memilih jam tangan yang canggih. Padahal, jika pergelangan tangan Anda tebal, jam tangan olahraga dapat membuat pilihan yang lebih bagus.

Berikut ini ada cara memilih jam tangan sesuai warna dan bentuk tangan kamu:

1. Kulit cerah

Bagi kamu penggemar jam tangan yang mempunyai kulit cerah, maka tidak ada batasan untuk memilih jam tangan. Karena pemilik kulit cerah bebas memilih jam tangan baik warna gelap, warna cerah, atau warna soft. Semua warna akan cocok digunakan oleh pemilik warna cerah. Tetapi, warna yang gelap dan berani seperti warna merah, hitam, biru tua, atau cokelat akan terlihat lebih bagus karena kontras dengan warna kulit yang cerah.

2. Kulit gelap

Untuk kamu yang punya kulit warna eksotis hindari untuk menggunakan jam tangan berwarna terang seperti kuning, pink, atau hijau muda. Warna ini akan cenderung kontras dengan warna kulit kamu. Hindari juga warna hitam atau cokelat tua yaa! lebih aman kamu memilih jam tangan dengan warna yang soft seperti krem atau abu-abu muda.

3. Kulit Sedang

Nah, bagi kamu yang punya warna kulit sedang, bisa lebih bebas dalam memilih warna jam lho! Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai model bentuk dan warna jam tangan. Tapi, tetap sesuai dengan pakaian dan jenis kegiatan kamu yaa!

4. Tangan kecil

Kalau kamu punya bentuk tangan yang kecil dan juga bertubuh kurus, jangan memilih jam tangan dengan tali lebar atau bandul dengan ukuran besar. Pilihlah jam tangan dengan tali tipis, kecil, serta bandul yang kecil pula.

5. Tangan besar

Umumnya pemilik tangan berdiameter besar adalah kamu yang bertubuh plus size. Sebenarnya tulang tangan orang yang bertubuh plus size tidaklah besar. Hanya saja lapisan daging dan lemak yang cukup tebal membuat ukuran tangan menjadi besar. Bagi kamu yang memiliki jenis tangan sepert ini, hindari menggunakan jam tangan bertali dan berbandul kecil. Sebaiknya pilih jam tangan bertali sedang hingga lebar dengan material tali tidak terlalu tipis dan juga bandul jam dengan berukuran sedang hingga besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya