Gak Cuma Korea dan Amerika, Indonesian Makeup Look Juga Gak Kalah Kece Lho!

Makeup.
Sumber :
  • Instagram @after.beaute

VIVA Lifestyle – Kegemaran para wanita akan merias wajahnya kini terus memberikan inovasi dan tren terbaru yang terus diikuti secara luas. Penampilan makeup yang bagus tentunya akan membuat penggunanya tampak lebih cantik dan memesona. 

Mirip Karakternya, Intip Rahasia Kulit Kalem Afgan

Tren makeup di Indonesia sendiri kebanyakan berkiblat pada Korean look dan American look yang memiliki gaya dan penampilan sangat bertolak belakang. Yuk, scroll cari tahu lebih lanjut.

Sementara Korean look menggunakan warna-warna soft dan cerah, American look justru memiliki warna yang lebih gelap dan tegas di wajah.

Tips Gunakan Lip Cream yang Tepat, Perhatikan Sebelum dan Saat Mengaplikasikannya

Korean makeup look kebanyakan digemari oleh para remaja karena sifatnya yang ringan dan membuat wajah terlihat lebih segar. Sedangkan American look memberikan kesan lebih dewasa dan berani. Namun, pernahkah terpikir bagaimana sebenarnya makeup look dari masyarakat asli Indonesia? Di mana negara ini sangat kaya akan perbedaan dari Sabang sampai Merauke yang memungkinkan perbedaan gaya dalam memakai riasan wajah.

Ilustrasi makeup/riasan/kosmetik.

Photo :
  • Freepik/freepik
Selalu Tampil Fresh, Aaliyah Massaid Gak Pernah Lupa Bawa Ini di Tas dan Mobil

Sebenarnya, gaya makeup menjadi hal yang sangat bebas untuk diaplikasikan oleh siapapun. Selama penggunanya merasa cocok dengan penampilannya, maka gaya makeup manapun tidak akan menjadi masalah.

"Korean atau American look itu kan sebenarnya hanya referensi, yang penting adalah kita harus paham ketika ingin look-nya kita seperti apa, ya cocoknya menggunakan warna yang seperti apa," ujar Arlyn Hanessia, Head of Make Over Brand Building, dalam acara konferensi pers Make Over: Beyond Transformation, di Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, baru-baru ini.

Penggunaan makeup juga bergantung pada skin tone masing-masing orang. Masyarakat Indonesia cenderung memiliki skin tone yang warm dengan warna yang agak gelap. Oleh karena itu, perlu memilah kembali penggunaan warna untuk riasan yang tidak terlalu mencolok di kulit.

"Terutama ngomongin complexion, ketika skin tone kita yang lebih warm mau mencoba Korean look mungkin ngga akan terlalu match. Menemukan referensi warna yang sesuai sama kulit kita itu juga sangat penting. Jadi, kalau kulit kuta cenderung lebih putih, itu akan sangat cocok menggunakan Korean look," jelasnya.

Oleh karena itu, Indonesian makeup look dianggap Nesia sebagai tampilan yang sangat luas, di mana setiap individu dapat menyesuaikan sendiri warna riasannya dengan jenis kulit masing-masing.

"Jadi ketika ditanya Indonesian makeup look itu seperti apa? Ya, kembali lagi ke skin tone dan skin type kita masing-masing," kata Nessia.

Makeup juga menggambarkan karakter masing-masing orang. Sebagian ada yang berani menggunakan makeup dengan warna yang sangat mencolok, sedangkan sebagian lainnya lebih suka menggunakan warna yang kalem. 

Pemilihan warna tersebut bisa menjadi tren makeup look tersendiri di samping Korean ataupun American makeup.

"Bagi sebagian orang yang berani mencoba dan mengeksplorasi tentunya tidak menutup kemungkinan ya untuk tampil percaya diri dengan look makeup apapun. Jadi bisa dicari sendiri kesukaannya dan cocoknya seperti apa, barangkali malah menciptakan make up look sendiri kan," kata Arlyn Hanessia.

Adapun tips untuk membuat makeup yang tetap terlihat berani namun tidak menor di wajah adalah memastikan komposisinya seimbang. Seperti ketika ingin menonjolkan warna di bagian mata, maka sebaiknya mengenakan warna yang lebih ringan untuk bagian bibir, begitu pun sebaliknya.

"Kuncinya adalah pastikan makeup-nya itu balance, jadi jangan sampai matanya terang dan bold eh lipstiknya juga ngejreng banget. Kalau sama-sama yang terang banget gitu jadinya ngga balance," ujar Nessia.

"Makanya perhatikan juga ketika sudah berani bold di bagian bibir, matanya berarti bisa lebih simpel," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya