Punya Rambut Mengembang Buat Keki? Ini Tips Rawat Agar Rambut Lebih Mudah Diatur

Ilustrasi wanita/rambut
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Istilah rambut adalah mahkota tubuh memang benar adanya. Memiliki rambut yang sehat, halus, bercahaya dan mudah diatur tentu menjadi impian banyak orang, khususnya para kaum hawa. 

Melindungi Keamanan, Ini Imbauan Penting Petugas Jemaah Haji di Tanah Suci

Namun tentu, gen dan gaya hidup akan mempengaruhi bentuk dan kesehatan rambut kita. Contohnya saja bagi orang-orang yang memiliki rambut mudah mengembang. Hal ini menjadi "peer" yang sulit, apalagi rambut sangat bisa menunjang penampilan.

Nah, untuk kamu yang memiliki permasalahan rambut mudah mengembang, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menjaga agar rambut tidak mudah mengembang:

Terpopuler: Takut Alquran Mantan Artis Cilik Putuskan Mualaf hingga 5 Tips Pilih Sandal yang Nyaman

Ilustrasi rambut beruban.

Photo :
  • U-Report

1. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Jika rambut mu cenderung mengembang, pilih sampo yang dapat membantu mengontrol kelembapan rambut.

5 Tips Jaga Privasi di WhatsApp, Pokoknya Cuma Kamu dan Dia yang Tahu

2. Hindari penggunaan pengering rambut secara berlebihan. Jika kamu menggunakan pengering rambut, pastikan untuk menyalakannya dengan suhu yang rendah dan jangan mengarahkannya terlalu dekat dengan kulit kepala.

Nah sebelum menggunakan pengering rambut, ada baiknya menggunakan hair heat protector yang memang dikhususkan untuk melindungi rambut dari panas alat styling. Kamu bisa pilih sesuai dengan jenis rambutmu. 

Selain membantu menenangkan rambut yang mengembang, menggunakan hair heat protector juga bisa sekaligus memberi efek shinny dan harum yang bagus untuk rambut.

3. Cuci rambut dengan air dingin. Air panas dapat membuat rambut lebih mudah mengembang, sehingga disarankan untuk mencuci rambut dengan air dingin.

4. Gunakan kondisioner secara teratur. Kondisioner dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan mengurangi risiko rambut mengembang.

Minyak rosemary untuk rambut.

Photo :
  • U-Report

5. Gunakan minyak khusus rambut sebelum keramas. Kini, sudah banyak dijual minyak yang memang rangkai khusus untuk permasalahan rambut. Nah, untuk rambut mengembang ada beberapa minyak yang cocok untuk digunakan.

Beberapa minyak yang dapat membantu mengatasi rambut yang mengembang adalah: 

Minyak argan: Minyak argan kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan mengurangi kekeringan, sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan rambut mengembang.

Minyak kelapa: Minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi rambut yang mengembang karena sifatnya yang melembapkan dan menenangkan kulit kepala. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut

Minyak jojoba: Minyak jojoba dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan mengurangi kekeringan, sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan rambut mengembang.

Ilustrasi rambut mudah rontok.

Photo :
  • U-Report

6. Hindari menyisir rambut saat basah. Rambut lebih rentan terhadap kerusakan saat basah, sehingga disarankan untuk menyisir rambut setelah rambut kering

Atau memang jika sangat diharuskan untuk menyisir rambut setelah keramas, ada baiknya kamu menggunakan sisir yang bergigi lebar atau dengan tangan saat rambut basah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya