Pakai Sunscreen Perhatikan SPF dan PA, Ternyata Fungsinya Beda Lho!

Ilustrasi memakai sunscreen
Sumber :
  • Michael Kurzman, MD

JAKARTA – Sinar matahari dapat menimbulkan dampak buruk bagi kulit, seperti flek hitam, kulit terbakar atau sunburn, mempercepat penuaan dini, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Maka dari itu, kulit harus dilindungi dengan benar, menggunakan sunscreen atau sunblock. Namun, saat memilih produk ini, hendaknya memerhatikan kandungan SPF dan PA, yang ada di dalamnya. Apa itu SPF dan PA serta apa perbedaannya? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya

Ahli Kesehatan Kulit, dr Deviyane M. Almatiin, menjelaskan, SPF mampu melindungi dari paparan sinar UVB. Sedangkan PA untuk melindungi kulit dari sinar UVA. Kandungan SPF pun berbeda-beda dan fungsinya berbeda pula. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

"Makin ke sini makin banyak sunscreen yang menggunakan SPF-nya bisa sampe 30, 50. Bahkan, kalau untuk handbody ada yang sampai 100, 145, 170. Nah, itu bedanya kalo SPF-nya semakin besar angkanya, semakin lama dia memproteksi," ungkap dr. Deviyane saat Media Gathering mengenal lebih dekat produk MS Glow Sun Glow & Sun White di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Namun, Deviyane menjelaskan proteksi tersebut tidak sampai berjam-jam sehingga harus diaplikasikan kembali setelah beberapa waktu. 

"Secara teoritis hasilnya itu di SPF 15, biasanya cuma 1-1,5 jam. Kalau naik 25, 30, itu cuma di 1,5-2 jam. Kalau 3 jam itu ada di SPF 50, itu yang paling aman," jelasnya. 

Tapi dr Deviyane juga menekankan, proteksi sunscreen akan lebih maksimal jika pemakaiannya juga tepat. Semakin tipis yang diaplikasikan, maka SPF-nya tidak optimal. 

"Nah, bedanya lagi yang ada PA+++ itu seberapa besar dia melindungi kulit kita. Jadi, kalo di produknya misalnya beli kosmetik, sunscreen atau sunblock, kalo ditulis 'PA+' beda sama 'PA+++'. Jadi kalo tambah '+' nya itu sangat melindungi," bebernya. 

Deviyane juga menyarankan untuk mengaplikasikan sun protector setiap 2-3 jam sekali. Selain itu, penting pula untuk selalu memerhatikan jenis kulit, sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah produk. 

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik

Direktur MS GLOW, Louisa Tuhatu, turut memperkenalkan 2 produknya, yaitu Sunglow Daily Cream dan Sunwhite Daily Cream. 

"MS GLOW Sunglow dan Sunwhite merupakan krim multifungsi dengan advanced triple protection (sun protection, light protection, skin barrier protection), yang memberi perlindungan dari sinar UV A, UV B, sinar biru atau blue light dari gadget, serta melindungi lapisan terluar kulit," tukas Louisa Tuhatu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya