Pakar Gender dan Budaya: Rok Bakal Jadi Tren Fesyen Dunia 2023-2024

Ilustrasi fesyen.
Sumber :
  • Pixabay/Markus Spiske

JAKARTA – Fesyen merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat yang terus berevolusi dari waktu ke waktu. Dalam dunia fesyen, rok menjadi salah satu item penting yang menjadi identitas kaum perempuan. 

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Di Indonesia, rok telah lama menjadi simbol femininitas dan gaya berpakaian yang elegan. Namun, beberapa dekade yang lalu, hampir tidak ada merek fashion lokal yang fokus mengembangkan model rok. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, tren fesyen rok mulai mendapatkan sorotan yang lebih besar, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga secara global.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Menurut Camilla Nelson, seorang pakar gender dan budaya media, rok akan menjadi tren fashion dunia pada tahun 2023-2024. Perkembangan tren ini juga dapat dilihat di Indonesia. 

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Salah satu merek asal Indonesia yang menjadi pionir dalam mengembangkan dan mempopulerkan fashion rok adalah Rokgaliya. Merek ini didirikan oleh Leila Melati, wanita kelahiran 1991 yang memiliki kepedulian terhadap kebutuhan fashion kaum perempuan.

Leila Melati, yang pada saat itu (tahun 2011) masih menjadi mahasiswi di Universitas Brawijaya, melihat adanya kesulitan dalam mencari rok panjang yang berkualitas di pasaran. Hal ini mendorongnya untuk memulai usaha dalam bidang fashion rok. 

Melalui penjualan online serta berpartisipasi dalam event bazar di berbagai mal di Indonesia, Rokgaliya mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Menurut Leila, Rokgaliya bukan hanya sekadar merek fesyen rok, tetapi juga sebuah konsep yang mewakili kelembutan dan kenyamanan. 

"Nama Rokgaliya diambil dari bahasa Yunani yang berarti tenang dan lembut, mencerminkan filosofi dan karakteristik produk yang ditawarkan oleh merek ini. Leila memiliki fokus kuat pada kualitas produk dengan bahan yang nyaman namun tetap memberikan gaya yang menarik," ungkap Leila dalam keterangannya, dikutip Selasa 11 Juli 2023. 

Berbekal semangat dan dedikasi, Rokgaliya berkembang pesat. Dari awalnya hanya mengadopsi sistem pre-order dan berkerja sama dengan dua konveksi, saat ini Rokgaliya telah bekerja sama dengan tujuh konveksi besar di Indonesia dan diproduksi sendiri di dalam negeri. 

"Kuartal 1 2023 kemarin kita baru saja opening offline store kita di Malang Town Square dan akan terus bertambah di kota-kota besar di Indonesia dan rencana untuk membuka store di luar negeri khususnya pasar Asia," tutur Leila. 

Rokgaliya yang sudah memiliki tiga sister brands, yaitu Bajubojo, Little Rokgaliya, dan Kattun, juga telah menjalin kolaborasi eksklusif dengan sejumlah artis. Misalnya Natasha Rizki yang menjadi Brand Ambassador serta dukungan dari berbagai artis dan influencer tanah air seperti Shireen Sungkar, Fatin Shidqia dan Revalina S. Temat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya