Makanan Pedas dan Minum Teh Manis Bisa Picu Jerawat? Dokter Ungkap Faktanya

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

JAKARTA – Jerawat kerap menjadi salah satu keluhan pada kulit yang membuat banyak orang merasa tidak percaya diri. Tak sedikit sebagian orang yang mengidap permasalahan kulit ini menilai bahwa makanan dan minuman tertentu mencetuskan munculnya jerawat yang mengganggu.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dokter spesialis kulit DR Dr Dhelya Widasmara SpKK (K) FINSDV, FAADV, menjelaskan bahwa asupan yang masuk ke dalam tubuh dapat memengaruhi kesehatan pada berbagai organ, termasuk kulit. Salah satunya, asupan makanan pedas yang dinilai memicu jerawat yang kemerahan. Apa kata dokter? Scroll untuk mengetahui jawabannya.

"Kalau jerawat itu sebenarnya (disebabkan) lebih ke makanan manis dan mengandung susu atau olahan susu," kata Wakil Ketua Bidang Media Sosial dan Edukasi Masyarakat PB IDI dalam webinar bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jumat 28 Juli 2023.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Menurutnya, makanan dan minuman manis mengandung gula tinggi menjadi penyebab jerawat kerap muncul. Namun, makanan pedas sendiri sebenarnya dapat menyebabkan kasus serupa jerawat atau dikenal dengan nama Rocasea. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

"Jerawat atau rocasea seperti acne itu tidak boleh makan pedas dan kena panas," jelasnya.

Rocasea ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan benjolan kemerahan dan biasanya kecil, merah, dan berisi nanah di wajah sehingga sering dianggap sebagai jerawat. Dokter Lala tak menepis bila masalah kulit dengan kombinasi jerawat dan rocasea dapat muncul apabila gemar mengonsumsi dua jenis sajian yang disebutkan tadi.

"Kecuali makan pedas terus minum teh manis, itu kombinasinya (jerawat dan rocasea)," tambahnya.

Untuk menjaga kesehatan kulit, dianjurkan agar rajin berolahraga karena membantu pembentukan kolagen agar nampak awet muda. Tak dianjurkan olahraga berlebihan dan harus sesuai anjuran WHO agar sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik. Untuk makanan, tentu pola makan sehat dan tinggi serat disarankan agar kulit tetap sehat dan bersinar alami.

"Makanan antioksidan tinggi seperti buah dengan vitamin C dan E pada jeruk dan alpukat itu bagus dimakan. Misal, jangan males makan buah-buahan segar maunya suplemen aja, itu salah. Yang benar itu tidak menggantikan yang asli dengan yang 'palsu'," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya