5 Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Memencet Jerawat Sembarangan

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Jerawat menjadi masalah kulit yang sering dialami dan dikhawatirkan oleh banyak orang. Ketika jerawat muncul, insting untuk segera memencetnya seringkali sulit untuk ditahan. Namun, tahukah kamu bahwa memencet jerawat sembarangan dapat berdampak lebih dari sekadar menghilangkan jerawat itu sendiri?

Denny Sumargo Gak Setuju Soal Ejekan Aura Magrib, Fuji: Aku Tahu Aku Cantik

Mungkin memencet jerawat adalah hal sepele, tapi ternyata dapat menyebabkan masalah yang lebih serius bagi kesehatan kulit wajah. Terdapat beberapa alasan penting mengapa kamu sebaiknya menghindari kebiasaan memencet jerawat dengan sembarangan. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Peradangan dan infeksi

Penampilan Sekarang Beda Banget, Kiky Saputri dan Zsa Zsa Bongkar Rahasia Makin Glowing

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Ketika jerawat muncul, itu menandakan bahwa terjadi peradangan di bawah kulit. Memencet jerawat dapat merusak jaringan di sekitarnya dan memperburuk peradangan, bahkan menyebabkan infeksi yang lebih serius.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

2. Bekas luka dan noda

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam

Photo :
  • Freepik

Memencet jerawat juga dapat menyebabkan luka pada kulit. Proses pemulihan luka ini bisa meninggalkan bekas luka, bintik hitam, atau noda yang sulit dihilangkan. Bekas luka jerawat dapat mempengaruhi penampilan kulit untuk jangka waktu yang lama.

3. Penyebaran bakteri

Jerawat

Photo :
  • U-Report

Ketika kita memencet jerawat, bakteri dan kotoran yang ada di tangan bisa saja masuk ke dalam pori-pori yang terbuka akibat penekanan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri lebih lanjut dan munculnya lebih banyak jerawat di area sekitarnya.

4. Perbesar pori-pori

Pori-pori wajah

Photo :
  • pixabay

Kamu juga harus tahu bahwa memencet jerawat dapat memperbesar ukuran pori-pori kulit. Poros yang melebar lebih rentan terhadap sumbatan, dan ini bisa menyebabkan munculnya jerawat baru.

5. Rasa sakit dan ketidaknyamanan 

Jerawat.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, memencet jerawat juga bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Jerawat yang dipencet mungkin akan lebih sensitif dan menyakitkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya