Didukung Mendagri, 6 Brand Lokal Bakal Melenggang di London Fashion Week

Desainer Indonesia melenggang ke London Fashion Week 2023.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

LONDON – Acara fashion bergengsi dunia London Fashion Week tahun ini akan kembali digelar. Dalam grup show bertajuk Indonesia Now, sejumlah desainer Indonesia akan mempresentasikan rancangannya di London Fashion Week (LFW) Spring Summer 2023/2024, yang akan dilaksanakan pada 18 September 2023 pukul 20.30 waktu London.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Untuk melebarkan sayap di internasional, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia turut memberikan dukungan kepada 6 brand lokal yang akan tampil di sana. Kesempatan ini sekaligus menjadi peluang bagi para perancang busana untuk memperluas pasar mereka dan membuka koneksi baru di mancanegara. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Saya mengucapkan selamat pada brand-brand Indonesia yang akan tampil pada gelaran London Fashion Week tahun ini. Pencapaian ini merupakan upaya branding bagi para brand untuk go internasional sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah global," kata Menteri Perdagangan DR. (H.C). Zulkifli Hasan, S.E., M.M., dalam konferensi pers London Fashion Week Spring Summer 2023/2024 di Modinity Cafe, Jakarta, Selasa 29 Agustus 2023.

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan

Zulkifli Hasan optimis bahwa partisipasi para desainer Tanah Air di LFW tahun ini akan mendorong pemasaran modest Indonesia di pasar global. Total, ada 6 brand Indonesia yang akan menampilkan rancangan koleksi terbaru mereka di LFW tahun ini, yaitu Buttonscarves, Ivan Gunawan Prive, Benang Jarum, Nada Puspita x Khanaan, Kami., dan Ayu Dyah Andari.

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Setiap desainer juga sudah mempersiapkan karya rancangan mereka masing-masing yang akan ditampilkan dalam runway LFW tahun ini. Salah satunya adalah Ayu Dyah Andari yang mengaku sempat deg-degan karena koleksi yang ia persiapkan baru jadi mendekati gelaran acara.

"Normalnya persiapan itu 3 bulan sebelum acara ya. Tapi ngga tahu kenapa desainer-desainer ini kayak pesulap, jadi sukanya mendadak terus tiba-tiba jadi pas udah last minute," kata Ayu Dyah Andari.

Kemudian, kesempatan untuk tampil bersama di acara LFW ini juga menjadi waktu yang tepat untuk kolaborasi antar brand. Meskipun bersaing secara sehat untuk menunjukan keunggulan masing-masing lewat koleksi mereka, Ivan Gunawan sebagai seorang desainer terkenal menilai kesempatan ini sebagai saat yang tepat untuk bekerja sama dengan desainer lainnya.

"Justru kita bisa menjalin kerja sama dari acara ini. Meskipun kita di sini bersaing ya, bersaing secara sehat, tapi saat meeting kita bisa membicarakan tujuan yang sama," kata Ivan Gunawan.

Di samping itu, fashion dan beauty adalah dua hal yang tak terpisahkan. Riasan wajah memiliki peran yang tak kalah penting dalam keseluruhan penampilan para model. Mengingat sentuhan riasan yang tepat akan memperkuat tampilan pakaian yang diperagakan oleh model. Sinergi antara sektor fashion dan beauty bertujuan untuk membangun suatu ekosistem industri kreatif Indonesia yang diwakili oleh karya anak bangsa agar dapat bersama-sama maju di kancah internasional.

Tahun ini, Buttonscarves Beauty meraih kehormatan menjadi Official Beauty Sponsor untuk London Fashion Week Spring Summer 23/24 bersama group show Indonesia Now. Buttonscarves Beauty akan mendukung tata rias para model yang mengenakan koleksi fashion dari tujuh desainer atau jenama fesyen Indonesia, yaitu Buttonscarves, Ivan Gunawan Prive, Benang Jarum, Kami., Nada Puspita x Khanaan, dan Ayu Dyah Andari yang akan ditampilkan di runway London Fashion Week Spring Summer 23/24.

Tema look yang akan diangkat London Fashion Week Spring Summer 23/24 adalah Opulence in Gold. Pada kesempatan ini, Buttonscarves Beauty ingin menampilkan make up look yang mewah dan merona melalui produk pilihannya yang telah dikurasi langsung oleh Budithama sebagai Creative Director Buttonscarves Beauty. Warna gold akan menginspirasi sebagai warna pada riasan mata, sementara tampilan merona akan menginspirasi riasan pada bibir.

"Kembali mendukung para desainer Indonesia yang akan tampil di ajang mode bergengsi adalah bagian dari komitmen kami untuk terus berkembang dan mendobrak prestasi secara global. Menjadi bagian dari London Fashion Week Spring Summer 23/24 adalah bukti nyata bahwa kita dapat bersama-sama menunjukan eksistensi secara global. Kami percaya bahwa hal ini akan membuka jalan bagi brand-brand dan desainer Indonesia untuk go global, termasuk Buttonscarves Beauty," jelas Kanya Trihapsari, Marketing Director Buttonscarves Beauty.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya